17 Agustus 2011

MERDEKA !!!

Yer 4:19,20 :" Aduh, dadaku, dadaku! Aku menggeliat sakit! Aduh dinding jantungku! Jantungku berdebar-debar, aku tidak dapat berdiam diri, sebab aku mendengar bunyi sangkakala, pekik perang. Kehancuran demi kehancuran dikabarkan,...."

Nabi Yeremia disini bukan menceritakan bahwa dia sedang terserang sakit jantung atau mengalami gejala stroke; tapi dia sedang mendapatkan penglihatan tentang bagaimana bangsanya akan dijajah dan diperbudak musuh.
Namun para pemimpin bangsanya tidak percaya penglihatan itu akan betul-betul terjadi. Mereka terus hidup dalam dosa, menjadi penyembah berhala dan bersikap masa bodoh terhadap Tuhan. Karena tidak mau bertobat akhirnya mereka benar-benar menjadi tawanan musuh.

Kemerdekaan adalah suatu hal yang amat sangat berharga; lihat saja berapa banyak pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa kita.
Demikian pula kemerdekaan kita dari perbudakan dosa sungguh merupakan anugerah dan karunia yang amat sangat berharga. Karena Yesus telah menyerahkan nyawanya dan gugur demi untuk menebus dosa-dosa kita, hingga kita dapat dibebaskan dari perbudakan dosa. Dan dengan kuasa kebangkitanNya kita berhak menerima hidup yang berkemenangan dan menjadi umat pilihan Allah dan imamat yang rajani.
Sebagaimana Firman Tuhan mengatakan : "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut." (Rom 8:1,2)

Kemerdekaan itu akan kita alami setiap hari bila kita menjalani hidup ini dengan berpedoman pada FirmanNya. Dengan pertolongan kuasa Roh Kudus, kita menolak dorongan yang mendesak kita berbuat dosa. Kita tidak lagi diperintah, disetir oleh iblis, tetapi dengan sukarela kita menuruti pimpinan Roh Kudus.
Kita telah dibebaskan dari perbudakan dosa !

Bapa disorga, puji syukur kami naikkan dengan segenap hati kami, betapa baik dan baik dan baiknya Engkau TUHAN. Engkau telah memerdekakan kami dari perbudakan dosa yang senantiasa hendak membelenggu dan memperbudak kami. Terpujilah Engkau ya TUHAN hanya karena kasih karuniaMulah kami beroleh keselamatan dan kemenangan. Roh Kudus kuatkan dan teguhan kami dalam melaksanakan FirmanMu, biarlah hari demi hari kami boleh bertumbuh dalam pengenalan kami kepadaMu dan kami boleh menjadi surat Kristus yang hidup.
Didalam nama Yesus Kristus kami mengucap syukur dan berdoa. Amin.