09 April 2009

Karisma vs Karakter

1 Pet 2:22,23 :"Ia tidak berbuat dosa, dan tipu daya tidak ada dalam mulutNya. Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil."

Menurut kamus definisi dari Karisma adalah Daya Tarik pribadi yang sangat besar : Pesona;
sedangkan definisi dari Karakter adalah Kekuatan moral atau etika : Integritas.
Banyak orang yang mempunyai karisma tetapi tidak memiliki karakter; hal ini dapat kita lihat dalam musim kampanye untuk Pemilihan Umum, dimana-mana poster para calon legislatif atau calon eksekutif bertebaran saling berebut pesona; mereka mencoba menebar pesona ( daya tarik pribadi ) dengan menampangkan foto-fotonya dimanapun ada tempat untuk itu.
Pertanyaannya dari sekian banyak orang tersebut berapa banyakkah yang mempunyai integritas atau karakter. Cantik, tampan, gagah, pandai/cerdas, orator handal bukanlah hal yang menjamin seseorang memiliki karakter/integritas.

Karakter kita akan terlihat dari seberapa besar ketekunan kita dalam melakukan hal yang benar walaupun rasanya kita tidak senang melakukannya atau tidak ingin melakukannya. Karakter kita pada dasarnya adalah apa yang kita lakukan berulang kali, dengan kata lain karakter kita dibentuk oleh kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan.
Banyak orang yang melakukan hal yang benar jika ada orang yang melihatnya, tetapi mereka tidak melakukannya jika tidak ada orang yang melihatnya.
Kita sebagai orang Kristen harus mempunyai komitmen bahwa kita melakukan sesuatu yang benar oleh karena memang hal itulah yang benar !
Dan satu hal lagi yang penting apkah kita melakukan hal yang benar kepada orang yang memperlakukan kita dengan tidak benar ? Apakah kita mau memberkati orang yang mengutuki kita?

Bapa di sorga kami mau menjadi orang-orang yang mempunyai karakter/integritas, yaitu dengan melakukan apa yang benar bukan untuk menyenangkan manusia tetapi untuk menyenangkanMu. Kamu mau mendisiplinkan diri kami dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengna FirmanMu. Ajar kami dari ke hari agar kemuliaanMu dalam diri kami semakin bersinar dalam dunia ini. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami bersyukur dan berdoa. Amin.