22 November 2008

Hidup oleh Roh

Rom 8:6,9 :"Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus."

Bagaimana Roh Allah diam di dalam diri kita?
Pertanyaan ini harus dijawab dengan memahami betul hakekat Tuhan Allah sebagai sosok pribadi yang maha kudus; sebaliknya Dia juga adalah sosok pribadi yang maha kasih.
Puji Tuhan !! Allah yang kita sembah adalah Allah yang maha kreatif walaupun terkesan ada pertentangan dalam karakterNya, namun Dia menyediakan jalan yang lurus bagi pemenuhan diriNya sendiri yaitu seperti yang tertera dalam Yoh 3:16. Haleluya !! Luar biasa kreatif TUHAN Allah kita.
Dengan dilahirkan kembali maka manusia yang dulu berdosa dan layak dihukum (maut) dirubah menjadi anakNya; yaitu melalui pertobatan dan menerima Yesus Kristus ( Jalan yang disediakan oleh TUHAN Allah) sebagai Juru Selamat. Baca juga Yoh 3:35,36!

Next step Bagaimana hidup dipimpin oleh Roh?
Menjadikan Yesus Kristus sebagai pemilik hidup kita, yaitu seperti hubungan antara gembala dan domba (Yoh 10:14,15, 27-30).
Titik tekan dari Firman adalah kita mengenal Gembala kita, kita mendengarkan suaraNya ( Firman).
Persekutuan dengan Tuhan Yesus Kristus akan membawa kita hidup dipimpin oleh Roh. Persekutuan yang intim akan merubah tabiat/karakter kita yang lama ( suka marah-marah, berbohong, pendendam, dengki, iri hati), kita akan mulai menghasilkan buah-buah Roh dalam hidup kita yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri ( Gal 5:22).

Bapa disorga terima kasih untuk jalan kreatif yang Engkau berikan kepada seluruh umatMu. Dan sungguh kubersyukur sebab Engkau telah memilihku untuk menerima anugerah kasihMu. Terima kasih Tuhan Yesus atas pengorbananMu yang menyelamatkanku dari hidupku yang sia-sia dan mengubahku menjadi ciptaan yang baru. Aku mau mempersiapkan diriku sebagai mempelaiMu Tuhan. Ya Roh Kudus bimbing aku dan sempurnakan Firman Tuhan dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus kuberdoa dan bersyukur. Amin.