13 November 2008

Sang Penyusup

Yud 1:16 :"Mereka itu orang-orang yang menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya, hidup menuruti hawa nafsunya, tetapi mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan dan mereka menjilat orang untuk mendapat keuntungan."

Firman Tuhan ini memperingatkan kita untuk hati-hati terhadap penyusup, kita wajib mengenali karakter mereka karena keberadaan mereka ditengah-tengah kita dengan satu tujuan yaitu memecah belah tubuh Kristus.
Ciri-ciri mereka adalah :
  • Menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya
    Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, maka selayaknya kita percaya pula bahwa Tuhan memelihara kita dan akan memenuhi semua kebutuhan kita; oleh karena itu jangan sekali-kali kita menggerutu atau mengeluh tentang kehidupan yang kita jalani. ( Tuhan ingin kita senantiasa mengucap syukur dalam segala hal! )
  • Hidup menuruti hawa nafsu ( dikuasai keinginan-keinginan dunia ini dan hidup tanpa Roh Kudus)
    Dikatakan mereka seperti Kain ( pencemburu, iri hati), sesat seperti Bileam ( hamba uang) dan durhaka seperti Korah ( ayat 11); semua ini dilandasi oleh sifat mementingkan diri sendiri.
    Tuhan mengatakan agar kita membangun diri kita di atas dasar iman kita yang paling suci yaitu hidup kekal yang disediakan oleh Tuhan kita Yesus Kristus.
  • Mulut mereka mengeluarkan perkataan perkataan yang bukan-bukan ( dengan tujuan untuk menjilat agar mendapatkan keuntungan)
    Dalam bahasa Inggrisnya dikatakan : They mouth great swelling words ( Mulut mereka penuh dengan kata-kata yang hebat-hebat, kata-kata yang besar ).
    Jadi dari mulut mereka akan keluar kata-kata yang dapat "memotivasi", "memuji-muji", "membesarkan hati"; semuanya terkesan seperti menguatkan, menghibur dan membangkitkan semangat, namun kosong dan tujuannya adalah supaya kita menjauh dari percaya terhadap pemeliharaan Tuhan diganti dengan percaya kepada diri sendiri, percaya kepada kemampuan diri sendiri (pendurhakaan terhadap Tuhan).

Tuhan memerintahkan dalam FirmanNya agar kita menunjukkan belas kasih kepada saudara-saudara kita yang telah disesatkan oleh "penyusup"; tugas kita adalah menyelamatkan mereka!
Disamping itu kita harus tetap memelihara diri sendiri dalam kasih Tuhan dan senantiasa berdoa dalam Roh Kudus.

Bapa di surga terima kasih atas peringatanMu hari ini. Roh Kudus aku mohon kekuatan daripadaMu agar senantiasa dapat hidup bergantung pada kasih Bapa melalui Tuhan Yesus Kristus. Berikan roh hikmat dalam membimbing saudara-saudaraku yang telah disesatkan oleh keinginan-keinginan dunia. Bapa ini aku, pakailah aku. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin.