10 November 2008

To be a Hero

Kej 37:9 :"...Katanya :"Aku bermimpi pula : Tampak matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku."

Tanggal 10 November dikenal sebagai Hari Pahlawan. Di Surabaya diadakan upacara peringatan besar-besaran untuk menghormati para pahlawan yang telah membela, yang rela berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan.

Pada jaman ini seseorang pahlawan adalah seorang yang mampu mengubah ketidakberdayaan menjadi suatu yang berdaya guna; seorang yang mampu membawa perubahan dari kesesakan menjadi suatu kelegaan...
Bagaimana seseorang dapat menjadi pahlawan ?
Ada 3 tahap yang harus dilalui seseorang untuk menjadi seorang pahlawan, yaitu :
  1. Mempunyai Visi
    Carilah visi dari Tuhan, mintalah agar Dia menaruhnya dalam hati anda melalui mimpi, atau melalui wahyu/penglihatan.
    Dengan visi akan membuat kita termotivasi dan bergairah, sebagaimana dikatakan oleh pdt. DR Hanny Layantara,MA bahwa Vision moves us to the future!
    Tanpa visi kita akan tetap diam atau tidak bergerak; kalaupun kita bergerak maka usaha-usaha yang kita lakukan tidak terarah bahkan cenderung membuang-buang energi.
  2. Bertekun dalam Proses
    Bagian ini adalah bagian yang menyulitkan setiap orang yang hendak menjadi pahlawan, karena pada bagian terjadi pemrosesan diri seseorang, terjadi pembentukan karakter yang teguh dan ulet, sabar dan tekun, berani dan tulus.(Baca Ams 16:32 = orang yang sabar melebihi pahlawan).
    Visi tanpa proses adalah sama dengan mimpi kosong di siang bolong !
    Kita harus berani menghadapi tantangan, jangan berhenti berusaha, jangan berhenti mencoba dan jangan berhenti berharap pertolongan dari Tuhan dalam menghadapi masa sulit yang bagaimanapun.
  3. Nikmati anugerah TuhanAllah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia ( Rom 8:28 ).
    Visi dan proses yang kita jalani akan tidak berguna tanpa berkat/ anugerah dari Tuhan.

Bapa di sorga aku mohon Engkau teguhkan dan tanamkan dalam-dalam visi hidupku yaitu menjadi saluran berkat-berkatMu bagi sesamaku. Roh Kudus aku mohon kuatkan dan teguhkan aku dalam menghadapi proses pembentukan diri, proses untuk membayar harga dari perwujudan visiku; ajar ku senantiasa bergantung dan percaya hanya kepada TUHAN. Akhirnya ya Tuhanku Yesus Kristus berkati segala upaya dan usaha yang kulakukan; kupersembahkan untuk kemuliaan namaMu. Amin.