17 Maret 2009

Chance and Ability

Mat 25:14-15 :"Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua, dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing sesuai kesanggupannya, lalu ia berangkat."

Tuhan adalah majikan yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap umatNya yang percaya kepadaNya. Dia tidak pernah membedakan apa latar belakang kita, apa warna kulit kita, apa pendidikan kita, apa cacat tubuh kita; Dia tidak membuat pengecualian, Dia memberikan kesempatan yang sama bagi kita untuk menerima hidup dalam kepenuhan dan kemuliaan.
Firman di atas jelas menyatakan bahwa Ia mempercayakan urusan kerajaanNya kepada setiap hambaNya, tidak ada yang dikecualikan.
Tuhan telah memberikan keselamatan kepada kita, suatu harta yang sungguh luar biasa mahalnya; dan kita harus mengerjakan, mengolah, mengusahakan keselamatan sesuai dengan kemampuan (talenta) yang sudah Tuhan berikan kepada kita agar membuahkan buah-buah kehidupan dalam hidup kita di dunia ini.

Kita semua memiliki kemampuan dan talenta yang berbeda, kita tidak bisa melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh orang lain; namun kita bisa melakukan apa yang telah Tuhan tentukan bagi kita masing-masing.
Apapun yang menjadi panggilan kita, mari kita lakukan yang terbaik. Lakukanlah dengan maksimal! Tidak perlu kita membanding-bandingkan diri dengan orang lain, tekunlah mengerjakan kepenuhan hidup kita sendiri sesuai panggilan dan urapan Tuhan Allah.

Ada banyak orang yang menderita bathin karena mereka tidak mengalami kepenuhan diri. Mereka tidak menjadi apa yang sebenarnya bisa mereka wujudkan; mereka membiarkan iblis lewat diri sendiri dan/atau orang lain menjauhkan diri dari panggilan dan berkat mereka.
Janganlah menjadi hamba yang penuh dengan ketakutan; takut tanggung jawab, takut penghakiman, takut tentang apa yang dikatakan oleh orang lain, takut pada pendapat/ pandangan orang lain, takut melangkah, takut gagal, takut dikritik, dan akhirnya takut akan pengorbanan dan kerja keras!
Bangkitlah dengan kuasa Roh Kudus yang ada dalam diri anda ! Raihlah diri anda sepenuhnya !

Bapa di sorga kami bertekad untuk melawan musuh kami yang berusaha menjauhkan kami dari panggilan dan urapanMu. Kami akan maju terus untuk mengembangkan diri kami sepenuhnya sesuai dengan panggilan dan talenta yang telah Engkau berikan kepada kami. Kami sadar sepenuhnya untuk mengerjakan kemampuan dan talenta kami, dan kami tahu bahwa setiap hari kami diubahkan menjadi seperti junjungan kami Yesus Kristus Tuhan dan Juru Selamat kami. Roh Kudus urapilah kami dengan kesabaran dan ketekunan serta keteguhan hati, tekad yang membara untuk melayani TUHAN Allah yang hidup. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan bersyukur. Amin.