18 Maret 2009

Manage Your Emotion

Yes 50:7 :"Tetapi Tuhan ALLAH menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu."

Menjadi dewasa secara emosional artinya mengambil keputusan berdasarkan pimpinan Roh Kudus, bukan menurut perasaan-perasaan kita. Kedewasaan emosional itu tidak terjadi secara alamiah.
Dewasa secara emosional bukan berarti kita tidak memiliki emosi lagi. Allah memberikan emosi agar kita dapat menikmati hidup; betapa hampa dan hambarnya jika hidup ini kita jalani tanpa perasaan...
Menjadi teguh secara emosional artinya kita memiliki kehidupan emosi yang seimbang yaitu suatu kehidupan yang tidak dikuasai oleh emosi semata, namun ia dapat mengendalikan diri, mengendalikan hidupnya.
Puji Tuhan kita memiliki Allah yang serba sanggup, termasuk menolong kita menjadi dewasa dan teguh secara emosional.

Keteguhan hati adalah syarat utama agar seseorang memiliki kedewasaan emosional.
Definisi Keteguhan adalah daya tahan terhadap perubahan, penggusuran atau penolakan secara mendadak; sedangkan definisi keteguhan karakter atau tujuan adalah Ketetapan hati atau dapat dipercaya/ dapat diandalkan.

Mari kita percayai Firman Tuhan di atas bahwa Tuhan pasti menolong kita dalam segala kesulitan, penolakan, perubahan yang menyudutkan diri kita; seperti janjiNya kita pasti tidak akan mendapat noda atau malu, asal kita mau meneguhkan hati kita.
Tuhan menghendaki agar kita tidak menjadi orang Kristen yoyo, yang selalu naik turun imannya tergantung perasaannya; kalau senang bisa haleluya, kalau susah halehaleh...
Dengan fokus terhadap apa yang kita percayai, maka keteguhan hati kita akan meningkat; seiring meningkatnya keteguhan hati kita, maka kedewasaan emosional kitapun meningkat pula.

Bapa ya Abba yang baik, kami bersyukur atas FirmanMu yang luar biasa ini, Engkau senantiasa akan menolong kami sehingga kami tidak akan mendapatkan noda atau malu. Bagian yang perlu kami lakukan adalah meneladani Yesus Kristus, Tuhan kami yang memiliki keteguhan hati, karena Ia tidak berubah, tetap sama sampai selama-lamanya, tetap mengasihi kami. Roh Kudus kami perlu pertolonganMu dalam mengendalikan emosi kami, dalam meningkatkan keteguhan hati kami, kami butuh kekuatanMu. Demi nama Tuhan Yesus Kristus kami mohon kabulkanlah doa kami ini. Amin.