25 Maret 2009

Willingly ( Ikhlas )

1 Pet 5:2 :"Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri."

Dalam ayat ini Petrus tidak hanya berbicara kepada para pendeta, para panatua atau mereka yang berada dalam kepemimpinan suatu gereja, tetapi dia berbicara kepada setiap orang yang mau dipakai oleh Allah untuk melayani kerajaanNya, melayani tubuhNya.
Ada dua hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang hendak melakukan pekerjaan tersebut; yang pertama kita harus memastikan lebih dulu bahwa kita mengerjakan perkerjaan itu dengan alasan yang benar ( motivasi kita yang terdalam ).
Dan yang kedua kita melakukannya dengan sikap yang baik dan benar, yaitu :
- dengan tidak terpaksa melainkan dengan hati yang ikhas/sukarela
- dengan tanpa mencari keuntungan pribadi melainkan dengan pengabdian diri

Kita perlu menyadari bahwa apapun yang kita lakukan untuk orang lain, kita sebenarnya tidak melakukan untuk orang itu, tetapi kita melakukannya untuk Tuhan (Mat 25:30-41); oleh karena itu lakukanlah setiap tindakan pelayanan dengan hati yang rela.
Sungguh Tuhan Allah hanya berkenan kepada setiap hati yang rela/ikhlas. Untuk dapat mempunyai hati yang rela kita harus memiliki kemauan yang benar yang dilandasi oleh motivasi yang benar, bukan mencari keuntungan pribadi ( nama tenar, dipuji dan dihormati oleh manusia, harta duniawi semata-mata).
Lakukanlah panggilanmu dengan kemauan yang benar, bukan oleh karena kewajiban/ keharusan; dengan demikian kita akan melakukannya dengan hati yang rela.
Inti dari kehidupan orang percaya adalah sikap hatinya. Apa yang tampak di luar bukanlah hal yang penting; tetapi yang penting adalah kebenaran di dalam hati kita yang tidak dapat kita sembunyikan dari hadapan Allah.

Bapa di sorga, kami mau mengoreksi diri kami, merenung kedalam, merefleksikan diri atas semua perbuatan yang kita lakukan untuk orang lain apakah hal itu benar-benar murni oleh karena kemauan kami untuk mengabdikan diri kepadaMu atau sekedar keinginan daging kami untuk mendapatkan hormat dan pujian dari manusia. Bapa ampuni kami apabila masih ada keinginan daging dalam pelayanan kami, kami mohon kepadaMu Roh Kudus agar Engkau murnikan motivasi kami, murnikan kemauan kami dan murnikan hati kami untuk dengan rela melayani TUHAN Allah semesta alam. Kami serahkan hati kami kepadaMu, pakailah sesuai kehendakMu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami panjatkan doa kami. Amin.