14 Maret 2009

F O K U S

Ibr 12:1 :"Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."

Ayat ini bebricara jika kita bertanding dalam perlombaan, kita harus meletakkan semua beban dan berlari dengan penuh kesabaran/tekun. Berlari tanpa hambatan artinya mengerahkan segenap kekuatan untuk perlombaan tersebut.
Pada waktu itu persiapan yang dilakukan oleh seorang atlit sebelum perlombaan adalah mereka melepas baju/pakaian mereka dan mengolesi tubuh mereka dengan minyak.
Demikian pula hendaknya dengan kita perlu dipenuhi dengan minyak yaitu urapan dari Roh Kudus jika kita ingin memenangkan perlombaan.

Ada banyak hambatan dalam setiap perlombaan yang harus kita tanggalkan, antara lain :
- terlalu banyak komitmen akan menghambat pengembangan potensi diri kita;
- membiarkan orang lain mengontrol hidup kita;
- terlalu banyak melibatkan diri pada tujuan dan visi orang lain;
- terbawa-bawa dalam urusan atau masalah orang lain;
- tidak fokus pada tujuan diri kita sendiri.
Iblis selalu berusaha menjebak kita dengan menyodorkan berbagai hal/masalah yang menghalangi kita untuk mengembangkan potensi diri kita; ia akan selalu berusaha menyodorkan masalah-masalah yang seolah-olah gawat dan harus ditangani oleh kita pribadi, sehingga kita tidak fokus terhadap panggilan Allah atas hidup kita.

Marilah kita belajar untuk berkata TIDAK kepada dunia, tentu saja bukan hanya berkata TIDAK terhadap Korupsi.... ;), namun kita harus melawan terhadap setiap godaan dunia terhadap apa yang harus kita kerjakan dalam mengembangkan potensi diri kita.
TUHAN Allah telah memberikan benih kehidupan penuh kemuliaan, kehidupan yang berkelimpahan; tugas kitalah untuk mengembangkannya melalui potensi yang juga telah dikaruniakan olehNya atas kita.
Tidak ada yang keliru atau salah pada hidup yang kita jalani saat ini; semua orang memiliki potensi untuk mengembangkan benih kemuliaan dan kelimpahan. Masalahnya tidak semua orang memiliki kemauan untuk fokus dan bekerja keras ( berlomba) untuk meraih tujuan hidup yang telah diberikan oleh Allah.

Bapa di sorga kami mau belajar untuk berkata tidak terhadap setiap hal yang menggoda, merintangi, menghambat pengembangan potensi dan pencapaian tujuan kehidupan kami yaitu hidup penuh kemuliaan dan kelimpahan di dalamMu. Mata kami akan tetap terfokus pada panggilanMu yang ajaib; kami mohon dengan kerendahan hati kepada Roh Kudus untuk membantu kami memenangkan perlombaan ini; berikanlah kepada kami kekuatan, kestekunan, kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi semua rintangan, hambatan. Demi nama Tuhan Yesus Kristus kami minta kabulkanlah doa ini. Amin.