28 Maret 2009

The Perfect Heart

2 Taw 16:9 :"Karena mata Tuhan menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatanNya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia...."

Dalam Alkitab versi King James ayat ini berbunyi : Allah mencari orang-orang yang hatinya sempurna terhadap Dia.
Apa yang dimaksudkan dengan memiliki hati yang sempurna? Maksudnya ialah memiliki kerinduan yang sungguh-sungguh untuk melakukan yang benar dan menyenangkan hati Allah.
Orang yang memiliki hati yang sempurna pasti sungguh-sungguh mengasihi Allah, walaupun mungkin ia sendiri tidak sempurna.Mungkin ia masih memiliki masalah-masalah kedagingan. Lidah dan mulutnya mungkin masih menimbulkan masalah. Mungkin ia masih membuat kesalahan atau lepas kendali dalam mengontrol emosinya.
Tetapi ketika ia melakukan kesalahan, ia akan segera bertobat dan membereskan persoalannya dengan Allah. Jika ia menyakiti orang lain, ia akan merendahkan hati dan meminta maaf.

Orang yang berhati sempurna adalah orang yang memiliki hati nurani yang lembut. Sehingga pada waktu Allah menunjukkan suatu kesalahan yang telah kita lakukan, maka kita hendaknya berkata :" Tuhan, Engkau benar dan aku salah. Tidak ada alasan apapun untuk membenarkan diri, maka ampunilah aku Tuhan dan tolonglah aku agar aku tidak melakukannya lagi."
Pengakuan ini akan membuat hati nurani kita menjadi lembut, dan kitapun akan semakin disempurnakan dalam Dia.

Allah hendak memakai saya dan anda, bukan sekedar bakat dan talenta kita yang Ia butuhkan agar kita dapat dipakai sesuai rencanaNya, melainkan satu hati yang sungguh-sungguh terhadap Dia, sungguh-sungguh mau melakukan hal-hal yang benar dan menyenangkan hatiNya.
Walaupun kita tidak sempurna, namun marilah kita memiliki hati yang sempurna! Dengan hati yang sempurna ini kita akan bertumbuh menjadi sempurna, menjadi serupa dengan Kristus Yesus Tuhan kita.

Bapa di sorga, kami sungguh-sungguh mengasihiMu, hati dan mata kami tertuju hanya kepadaMu; namun kami menyadari bahwa dalam menjalani kehidupan ini kami masih jauh dari sempurna, kami masih sering membuat kesalahan melalui perkataan, sikap, perbuatan kami yang tidak berkenan dihadapanMu dan atau terhadap orang lain. Kami mohon ampun ya Tuhan, dan tolong kami agar tidak mengulanginya. Kami mau memelihara hati nurani yang lembut dihadapanMu, Roh Kudus biarlah Engkau urapi hati kami dengan urapan yang baru tiap-tiap hari. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.