29 Desember 2008

Chazaq & Amats

Yos 1:6, 7, 9 :"Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini.... Kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati.... Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati...."

Betapa pentingnya kata-kata : kuatkan dan teguhkanlah hatimu ! sehingga membuat TUHAN mengulangnya sampai 3 kali kepada Yosua.
Kunci agar kita bangkit dan memiliki masa depan yang gemilang sesuai rencana Tuhan adalah bergantung pada reaksi kita terhadap kata-kata tersebut.

Asal kata-kata kuatkan dan teguhkanlah hatimu berasal dari bahasa Ibrani yaitu :"chazaq" yang artinya mengencangkan kuat-kuat, atau merebut, menangkap, menguasai; sedangkan kata "amats" berarti bersiap-siap, waspada, kemantapanpikiran, keteguhan yang amat kuat, tak terguncangkan sedikitpun.
Tuhan memerintahkan kita untuk berpegang erat-erat- dengan kuat- pada keperkasaan kekuatan kuasaNya. Dan teguhkanlah yang berarti jangan lepaskan, jangan biarkan pergi.
Sekali kita berpegang pada janji Tuhan, maka kencangkan dan kuatkan, jangan dilepaskan.

Tuhan tidak pernah menggunakan kata-kata secara sia-sia; pengulangan sampai 3 kali itu benar-benar penting, karena Tuhan menyediakan dan mengingatkan kita bahwa :
- tersedia warisan yang harus dimiliki ( ayat6);
- akan selalu ada godaan untuk menyimpang dari jalan Tuhan ( ayat7) dan
- ketakutan dapat membuat kita lupa terhadap janji-janji dan penyertaan Tuhan ( ayat9 ).

Marilah kita melangkah seperti yang dilakukan oleh Yosua, melangkah maju ke masa depan dengan hati yang kuat dan teguh, sebab kita mengetahui bahwa kemanapun kita pergi, Tuhan sendiri yang selalu menyertai kita. ( Renungkan Rom 8:31).

Bapa disorga, Engkau telah memberikan janji kepada kami tentang masa depan kami yang cerah, masa depan yang dipenuhi oleh keberhasilan. Dan Engkau pula yang memberikan kami kuasa untuk dapat hidup sesuai rencana, prinsip dan kehendakMu. HadiratMu pula yang akan selalu menyeratai kami dalam setiap jejak langkah menuju masa depan yang Engkau janjikan. Kami mau berkomitmen untuk menguatkan dan meneguhkan hati kami dalam menanggapi FirmanMu dan janjiMu ini, kami akan berjalan bersama denganMu Bapa. Amin.