20 Desember 2008

Guaranteed by God

2 Kor 5:5 :"Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita."

Asuransi atau pertanggungan atau penjaminan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan...yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti... ( pasal 1 UU 2/1992 ttg Usaha Perasuransian).
Asuransi duniawi jelas berbeda dengan asuransi/ jaminan yang diberikan Tuhan kepada umatNya; dalam asuransi duniawi kita harus membayar premi asuransi kepada sang penjamin; lain halnya dengan Allah Bapa disurga Dia telah menyediakan jaminannya sekaligus telah membayar preminya untuk kita....Puji Tuhan !

Bapa disurga telah menyediakan paling tidak 4 jenis asuransi/ jaminan bagi kita anak-anakNya yaitu :
  1. Asuransi/Jaminan Keselamatan : Penebusan dan Pengampunan.
    Luar biasa istimewanya manusia dihadapan Allah, sampai Dia sendiri turun ke dunia untuk mengangkat kembali anak-anakNya yang terhilang.
    Dia mengampuni dosa kita secara menyeluruh ( total ) bahkan menebusnya sendiri dengan darahNya.( Rom 8:15-16, Gal 3:26 ).
  2. Asuransi/Jaminan Kesejahteraan : Pemeliharaan.
    Khawatir adalah penghalang kepercayaan kita kepada Bapa di surga. Meskipun setiap orang punya alasan yang kuat untuk merasa khawatir tentang ketidak pastian hidup, namun Firman Tuhan mengatakan :" Serahkanlah segala kekhawatiranmu kepadaNya, sebab Ia yang memelihara kamu." ( 1Pet5:7).
    Bapa ingin memelihara kita dalam segala aspek kehidupan kita, namun kita harus berani menyerahkan kekhawatiran kita kepadaNya dan berpegang teguh padaNya dan janjiNya. Ingatlah bahwa bukan situasi dan kondisi yang menentukan hidup kita, bukan kenyataan yang ada disekeliling kita, tetapi iman kita pada kebenaran Firman Tuhan itulah yang akan mengubah situasi, kondisi dan kenyataan hidup kita.
    Tuhanlah yang memelihara kita dengan berkat-berkatNya yang berlimpah, oleh karena itu biarlah damai sejahtera dan suka cita surgawi yang memenuhi dan memerintah dalam hidup kita.
  3. Asuransi/Jaminan Keberhasilan : Ajaran dan Tuntunan.
    Keberhasilan bukanlah suatu tujuan hidup, namun suatu perjalanan hidup.
    Keberhasilan besar dihasilkan dari keberhasilan kecil, dan seluruh keberhasilan itu timbul oleh karena adanya ajaran dan tuntunan.
    Yesus berkata : I'am the way, the truth, and the life... (Yoh 14:6). Dia akan menuntun dan mengajar kita agar menjadi mempelaiNya yang sempurna, asalkan kita menempatkan Dia dalam posisi untuk memimpin kita.
    Jadikanlah Dia pemimpin dalam hidup kita.
  4. Asuransi/Jaminan Keamanan : Penjagaan dan Perlindungan.
    Perlindungan Tuhan tidak hanya terjadi di alam roh saja, namun juga perlindungan secara fisik atau jasmaniah termasuk melindungi kita dari ancaman musuh.
    Baca dan renungkan Luk 10:19: "Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu."

Bapa disurga, terpujilah namaMu dan dimuliakanlah Engkau diantara segala ilah dan allah, segala puji, hormat dan syukur kupanjatkan bagiMu. Luar biasa kasih setiamu, tak terukur dan tak terkira...Engkau membuatku berharga dimataMu, Engkau telah memilihku, Engkau telah memanggilku dari kegelapan kepada terangMu yang ajaib dan Engkau pulalah yang menjaminku untuk bagian yang Engkau sediakan bagiku. Haleluya! Segala kemuliaan bagiMu Tuhan....