18 Desember 2008

Sang Penyelamat

Mat 1:21 :"Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia, Yesus. Karena Dialah yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa mereka."

Langkah pertama dalam tindakan penebusan adalah Yesus menjadi sama dengan manusia, melalui inkarnasi; Ia telah menjelma menjadi manusia ( Yoh 1:14).
Penyelamatan manusia dilakukan dengan jalan penebusan; kita yang dulunya adalah budak dosa, budak iblis ditebus/dibeli lunas oleh harga yang mahal yaitu darahNya.
Namun makna terdalam dari penebusan ini bukan semata-mata agar kita dibebaskan dan diselamatkan dari kuasa dosa dan hukuman atas dosa yaitu maut; Tuhan punya tujuan yang jauh lebih mulia dan indah bagi umatNya yaitu manusia diberi hak untuk menjadi anak-anakNya, manusia dapat bersekutu ( dalam arti berkomunikasi secara intim bahkan dalam taraf bekerja sama) denganNya dan diatas segalanya itu manusia yang percaya kepadaNya dibentuk untuk menjadi mempelai Kristus Yesus...luar biasa dan tak terpikirkan rencana dan jalan-jalanNya.

Bapa terima kasih atas hidup yang telah Engkau berikan kepadaku, kini aku bukan lagi hamba namun seorang anak bagiMu, terima kasih untuk Roh Kudus yang Engkau sertakan dalam hatiku, yang senantiasa membimbing dan menuntunku dijalanMu agar aku siap untuk menjadi mempelai Kristus Yesus, AnakMu yang Tunggal Tuhanku.
Kini kupersembahkan ucapan syukur dan puji-pujian bagi kemuliaanMu, kupersembahkan diriku sebagai persembahan yang kudus dan berkenan dihadapanMu; ini aku Tuhan pakailah sesuai rencanaMu. Amin.