31 Desember 2008

Introspeksi dan Evaluasi diri

Ef 3:18-19 :"....betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus,..."

Hari ini hari terakhir dari tahun ini, sungguh tepat jika pada hari ini kita berdiam diri, masuk dalam keheningan diri untuk menilai ulang, untuk mengkaji ulang, untuk mengevaluasi apa yang telah kita lakukan sepanjang tahun ini.
Mari kita renungkan kembali kaleidoskop kehidupan kita pada tahun ini...
Apa yang telah kita kerjakan dan hasilkan?
Perubahan apa yang telah kita putuskan dan sikapi?
Buah-buah apa yang telah kita hasilkan dalam hidup kita sepanjang tahun ini?
Rencana-rencana apakah yang masih perlu peneguhan dari Tuhan?
Tindakan-tindakan apakah yag masih belum terselesaikan? Apakah hambatanya? Apakah Tuhan dipermuliakan dalam rencana dari tindakan-tindakan tersebut?

Kasih Tuhan Yesus Kristus sungguh luar biasa atas diri kita sepanjang tahun ini...
Mari kita renungkan juga betapa lebar, panjang, tinggi dan dalamnya kasih Tuhan atas diri kita sampai kita dapat mengucapkan " Terima kasih Tuhan, alangkah beruntungnya saya, saya sungguh bersyukur"
Mari kita imani apa yang dilihat oleh Juliana of Norwich, dimana ia melihat Tuhan sedang memegang seluruh dunia ini dalam tanganNya, dengan penuh kasih sayang; hingga kita dapat berkata seperti yang ditulis dalam bukunya: " Dan segalanya akan menjadi baik, dan segalanya akan menjadi baik, apapun juga akan menjadi baik."
Rasul Pauluspun telah mengatakan bahwa segala sesuatu ada di tangan Tuhan dan segala sesuatu akan terjadi demi kebaikan kita... Amin.

Bapa di sorga terima kasih untuk kasihMu yang selalu baru tiap tiap hari sepanjang tahun ini, luar biasa dalamnya kasihMu atas diriku hingga Engkau layakkan aku untuk menerima kemuliaanMu, untuk mendapatkan bagian dalam KerajaanMu.
Bapa di sorga terima kasih untuk kasihMu yang luar biasa yang membuatku hidup dan berbuah bagi kemuliaanMu.
Bapa di sorga aku berserah atas masa depan yang telah Engkau rancang untuk diriku, aku percaya tahun ini Engkau telah menuntunku sepanjang tahun untuk berjalan, berjuang mencapainya, demikian pula untuk tahun mendatang Engkau pasti akan tetap menuntun dan membimbingku setahap demi tahap untuk mencapai pemenuhan diriku sebagi ciptaanMu yang baru....
Dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku mengucap syukur dan berdoa dan berserah dan bergantung. Amin.