16 Desember 2008

Kecongkakan

Yak 4:6 :"..."Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."

Siapakah orang congkak itu?
Orang congkak adalah manusia yang sombong, pongah, menyakiti hati orang lain, merasa serba tahu, mengerti segalanya, arogan, terpikat oleh diri sendiri, pandai bermuslihat dengan cara berbicara yang cepat, acuh tak acuh, menolak Tuhan atau sebaliknya menganggap dirinya adalah karunia Tuhan bagi manusia, memiliki kepercayaan diri yang terlalu dibesar-besarkan tentang kemampuan diri sendiri, punya kebiasaan yang terus menerus untuk menghakimi karakter dan kelakuan orang-orang lain.
Tuhan akan menentang anda jika anda hidup untuk diri sendiri, atau jika anda hidup hanya untuk menyenangkan manusia atau jika anda mencintai kesenangan-kesenangan dan hal-hal duniawi. Berhati-hatilah agar jangan anda menjadi seorang yang angkuh religius.
Ingatlah bahwa kesombongan adalah panji-panji si iblis; oleh karena kesombongan pula ia jatuh dan ia juga ingin dan berusaha keras agar kita semua menjadi sepertinya.

Rendahkanlah dirimu dihadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikanmu ( Yak 4:10). Kerendahan hati yang sejati tidak menuntut anda untuk "memandang rendah diri anda sendiri"; rendah hati berarti anda berpikir dengan benar dan jujur tentang diri anda sendiri.
Ingatlah bahwa bunga kerendahan hati selalu tumbuh di atas kuburan kesombangan!
Jika anda menginginkan anugerah Tuhan maka anda haru rendah hati. Turunlah dari tahta dalam diri anda dan tempatkan Tuhan pada posisi yang menjadi hakNya.

Tuhan Yesus, terima kasih untuk FirmanMu yang berbicara menegurku. Tolong ampunilah diriku yang berulang kali mencuri kemuliaanMu di hadapan manusia atau menyombongkan diriku dapat melakukan sesuatu tanpa bantuanMu. Ampunilah Tuhan dosa-dosaku dan basuhlah diriku dengan darahMu. Aku mau bertobat dan berkomitmen untuk hidup mengikut Engkau dengan rendah hati. Dalam namaMu yang mulai aku berdoa. Amin.