04 Juni 2011

Belum waktunya ??

Hag 1:2,4 : "Bangsa ini berkata : 'Sekarang belum tiba waktunya untuk membangun kembali rumah TUHAN!' Maka datanglah firman TUHAN....:'Apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedangkan Rumah ini tetap menjadi reruntuhan?'"

Setelah umat Tuhan kembali ke Yerusalem dari pembuangan mereka di Babel, mereka mulai membangun kembali Bait Allah ( Rumah Tuhan ), namun oleh karena ada yang menentang, maka pembangunan itu terhenti sudah 14 tahun lamanya. Mereka menunda-nunda penyelesaiannya dengan berkata :" Belum waktunya ( the time has not come)".
Firman Tuhan ini mengajarkan kepada kita betapa seringnya kitapun melontarkan berbagai macam alasan, tatkala Firman Tuhan mengarahkan kita untuk melakukan sesuatu, tatkala Tuhan menghendaki kita untuk melayaniNya, tatkala Tuhan ingin memakai kita untuk kemuliaan namaNya; banyak diantara kita yang berdalih :"Ah Tuhan belum waktunya saya melayaniMu..., saya belum siap..., nanti dulu tunggu keadaan membaik..., nanti kalau keuanganku sudah mantap..., banyak pekerjaanku yang harus diselesaikan..."

Umat Tuhan pada waktu itupun melakukan hal yang sama mereka menjadi alasan kegagalan panen, kekurangan keuangan, kekurangan keahlian menjadikan alasan "Belum Waktunya".
Dan Tuhanpun menyingkapkan bahwa keadaan mereka yang selalu kekurangan itu justru disebabkan karena mereka tidak mau taat melakukan kehendakNya.
Hag 1:9,10: "....kamu masing-masing sibuk dengan urusan rumahnya sendiri. Itulah sebabnya langit menahan embunnya dan bumi menahan hasilnya, dan Aku memanggil kekeringan datang...keatas segala hasil usaha"

Kita adalah orang-orang pilihan Allah, yang sudah dikuduskan dengan darah Anak Domba Allah, Yesus Kristus, Tuhan kita untuk menjadi umat pilihanNya dan untuk melayaniNya sebagai mempelai kita.
Jangan katakan bahwa belum waktunya untuk memuliakan Tuhan, untuk menyembah Dia dalam roh dan kebenaran, untuk berjalan dalam Roh dan melayaniNya.
Rancangan damai sejahtera Tuhan akan turun atas kita jika kita menuruti perintahNya ( baca Yoh 14 :15-27). Jangan tunda-tunda lagi !
Barangsiapa bertelinga dengarkanlah Firman TUHAN ini dan berbahagialah orang yang melaksanakannya dengan tanpa menunda-nundanya.

Bapa di sorga ampuni dosa dan kesalahan yang kami lakukan, kami sering berdalih-dalih terhadap kehendakMu atas kami. Ampuni kami yang sering menunda dan beralasan belum waktunya untuk melayaniMu.
FirmanMu berkata barangsiapa mengasihiMu, maka akan menuruti segala perintahMu, dan untuk itu Engkau telah memberikan Penolong kepada kami untuk memampukan kami menuruti segala perintahMu; oleh karena itu tidak ada alasan bagi kami untuk berkata belum waktunya.
Oleh karena itu kami serahkan diri kami sepenuhnya ketanganMu Bapa, pakailah sesuai dengan rencanaMu; inilah aku, inilah diriku, selidikilah TUHAN. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.