19 Juni 2011

Cintai dirimu sendiri !

Mat 22:39 :"..Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Wow judul renungan hari ini menimbulkan kesan yang egois banget. Cintailah dirimu sendiri!!
Hal ini ternyata tidak mengherankan apabila kita melakukan Firman Tuhan secara utuh yaitu mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri.
Bagaimana kita dapat mengasihi orang lain kalau kita sendiri belum berdamai dengan diri kita, kita sendiri masih membenci diri kita sendiri, diri kita masih memandang rendah diri kita sendiri, diri kita masih tidak percaya kepada diri sendiri?

Pepatah kuno mengatakan : "Anda tidak dapat memberikan sesuatu yang tidak anda miliki"
(Catatan : rupanya prinsip ini dipakai dalam aturan hukum tentang penghibahan dalam pasal 1667 KUHPdt : penghibahan hanya boleh dilakukan terhadap barang-barang yang sudah ada (sudah dimiliki) pada saat penghibahan).
Demikian juga dengan kasih yang pada prinsipnya adalah memberi, mengorbankan, memperhatikan...
Jikalau di dalam diri kita sendiri tidak ada kasih untuk diri sendiri, bagaimana mau kita berikan kepada orang lain... Jawabannya sudah pasti non sense !!

Oleh karena itu marilah kita miliki rasa menghargai, mencintai terhadap diri kita sendiri sebagaimana TUHAN memandang kita sebagai mahluk ciptaanNya yang mulia di dalam Yesus Kristus!

Bapa aku mau saat ini lebih menghargai manusia baru yang ada di dalam diriku, yaitu sebagai manusia yang penuh dengan suka cita sorgawi, sebagai manusia yang melimpah dengan kasih sorgawi. Bapa Engkau memandangku sebagai mahluk yang mulia, maka berdosalah aku jika memandang diriku tidak sesuai denganMU. Ampunilah Bapa jika oleh karena suatu situasi yang terkadang membuatku memnadang rendah diriku sendiri. Sempurnakanlah kasihMu dalam diriku melalui Yesus Kristus Tuhan dan Juru Selamatku. Amin.