11 Juni 2011

Doa untuk Negeriku

1Tim2:1,2 :"Pertama-tama aku menasehatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tentram dalam segala kesalehan dan kehormatan."

Di dalam Perjanjian Lama juga ditekankan oleh Tuhan agar kita mendoakan kota dimana kita berada/tinggal, karena kesejahteraan kota itu adalah kesejahteraan kita ( Yer29:7).
Jika kita menganalisa keadaan waktu Yeremia dan Rasul Paulus menulis kitabnya tidak sedang dalam keadaan atau suasana ditempat yang tenang, tentram, namun suatu tempat dimana nabi Yeremia dibuang dan tempat dimana Kaisar Nero yang kejam itu berkuasa; suatu tempat, kota atau negeri yang penuh dengan kesesakan dan tekanan serta penindasan.
Lalu apa tujuan Tuhan memerintahkan agar kita berdoa untuk para pejabat, orang-orang yang berada dalam Pemerintahan; berdoa untuk negeri dan kota dimana kita hidup?
Ini karena Tuhan menghendaki agar semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran, disamping itu Tuhan akan memakai para pimpinan yang tidak mengenalNya untuk mewujudkan rencanaNya.

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Yak 5:16b).
Dengan dilandasi oleh iman Allah yang telah dikaruniakan kepada kita, kita doakan kesejahteraan negeri dan kota kita ini; jangan pedulikan kata-kata pengejek/pencemooh yang mengatakan : buang-buang waktu dan tidak ada gunanya, semuanya terlanjur mencintai budaya korupsi...dst dst...
Tugas kita untuk mendoakan mereka yang kurang imannya, yang menganggap kerusakan negeri ini lebih dahsyat daripada kuasa Tuhan.
Janganlah kita kendor, janganlah kita berhenti meminta dan berdoa kepada Tuhan untuk kesejahteraan negeri dan kota kita.

Bapa disorga aku mohon kepadaMu agar menaruh kerinduan yang dalam untuk setiap hari mendoakan negeri, mendoakan kota dimana aku hidup, mendoakan pembesar-pembesarnya dan mendoakan sanak keluarga, saudara seiman, dan orang-orang yang belum diselamatkan.
Roh Kudus kuasailah sepenuhnya diriku dalam kerinduan untuk berdoa syafaat. Dalam nama Tuhan Yesus aku mohon doa ini. Terpujilah namaMu TUHAN ! Amin.