03 Juni 2011

Roh yang berdoa

1 Kor 14:14 :"Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa."

Tuhan yang kita sembah adalah Roh. Kitapun adalah mahluk roh. Jadi Tuhan berhubungan dengan kita melalui roh. Tuhan membimbing kita melalui roh kita. Tuhan tidak berhbungan dengan manusia melalui otak/pikirannya atau tubuhnya.
Tuhan mengaruniakan Sang Penolong yaitu Roh Kudus kepada setiap orang yang beriman kepadaNya. Dan setiap orang yang telah dipenuhi oleh Roh Kudus disertai tanda yaitu berbahasa roh.

Bahasa roh itu datangnya dari dalam roh kita jauh didalam bathin kita. Memang kita mengucapkannya melalui alat bicara jasmaniah, walaupun demikian bahasa roh bukanlah berasal dari tanggapan panca indera yang bersifat jasmani.
Kita menyesuaikan lidah kita dengan apa yang dikehendaki oleh roh kita, sedangkan Roh Kudus yang berada dalam diri kita yang memberikan pengucapan itu.
Bahasa roh tidak keluar dari otak pikiran kita, bukan pula dari jiwa kita. Apabila kita berdoa dalam bahasa roh, maka otak, pikiran, dan jiwa kita tidak berdoa; jalan pikiran kita tidak mengerti apa yang sedang kita ucapkan itu.
Apabila kita berdoa dalam bahasa roh, maka bahasa roh itu keluar dari dalam lubuk roh kita dan pada waktu itulah roh kita berada dalam keadaan aktif.

Sementara roh kita berdoa dalam bahasa roh, marilah kita manfaatkan otak, pikiran dan jiwa kita untuk memuji Tuhan, bersyukur kepadaNya atas segala kasih setiaNya. Hal ini akan benar-benar menyegarkan jiwa kita, membuat iman kita menyala-nyala.

Bapa disorga terima kasih atas kasih setiaMu yang senantiasa berlimpah dalam hidup kami; walaupun keadaan sekeliling kami tidak baik, namun Engkau tetap menjagai kami, tetap memelihara kami dengan kelimpahanMu. Terima kasih Roh Kudus untuk kekuatan dan keteguhan yang tiap-tiap hari Engkau perbaharui dalam diri/roh kami. Tambahkanlah pengucapan-pengucapan yang baru dan perkayalah bahasa roh kami, agar kami dari hari ke hari lebih dibangun lagi iman kami kepada Yehova Elohim. Amin.