01 Juni 2011

Berdoa&Bahasa Roh

Kis 10:45,46 :"Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah."

Bahasa roh adalah tanda yang dapat dilihat secara jelas bahwa karunia Roh Kudus telah dicurahkan kepada seseorang.
Mengapa bahasa roh menjadi sedemikian penting untuk pertumbuhan kekristenan kita atau lebih tepatnya mengapa kita perlu berdoa didalam bahasa roh?
Ada beberapa alasan untuk berdoa dalam bahasa roh :
  • Berdoa dalam bahasa roh membangun diri kita secara rohani; berbahasa roh akan menguatkan roh kita.
    Paulus dalam suratnya 1 Kor 14:4 : "Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri."
  • Berkata-kata di dalam roh mengingatkan kita akan kehadiran Roh Kudus di dalam diri kita dan membantu mengembangkan kepekaan kita kepada Roh Kudus.
    Tuhan Yesus mengatakan bahwa Dunia tidak dapat menerima Dia sebab dunia tidak melihat dan mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu ( Yoh 14:17 ).
  • Berdoa dalam bahasa roh menolong kita berdoa dengan benar.
    Jika kita berdoa dengan akal budi dan sudah kehabisan kata-kata serta tidak tahu apa yang harus kita doakan, berdoalah dalam bahasa roh, karena Roh yang akan membantu kita berdoa dengan benar sesuai dengan kehendak Allah ( Rom 8:26-27).
  • Berdoa dalam bahasa roh menggairahkan iman kita dan memberikan penyegaran bagi rohani kita.
    Ketika Roh Kudus mengalir melalui kita seperti aliran-aliran air hidup, kita dibersihkan, disegarkan dan dipulihkan. ( baca Yoh 7:38-39).
  • Berkata-kata dalam bahasa roh memberi kita kuasa untuk menjadi saksi.
    Kuasa adikodrati akan menyertai kita sebagai saksi bahwa Tuhan Allah melalui Yesus Kristus telah membukakan jalan keselamatan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya ( baca Kis 2).
Bapa di sorga, terima kasih untuk Roh Kebenaran yang telah Engkau utus berdiam dan memenuhi diri kami, terima kasih untuk Penolong Agung yang telah Engkau berikan kepada kami. Terima kasih Roh Kudus atas segala karyaMu dalam diri kami, Engkau telah menguatkan roh kami, membantu kami berdoa dengan benar, memberikan kesegaran dan menggairahkan iman kami, memberikan kami kuasa untuk bersaksi bahwa Yesus Kristus adalah jalan, kebenaran dan hidup. Haleluya! Amin.