19 Januari 2009

Kekhawatiran

Mat 6:25 :"Therefore I say to you, do not worry about your life, what you will eat or what you drink; nor about your body, what you will put on. Is not life more than food and the body more than clothing?"

Worry berasal dari kata Anglo-Saxon yang artinya "mencekik".
Pada waktu kita khawatir maka coba kita bayangkan sejenak taruhlah jari-jari tangan anda ditenggorokan anda dan kemudian tekanlah dengan kuat. Apa yang terjadi? Perasaan apa yang anda alami?

Tanda-tanda kekhawatiran adalah :
- tidak bisa tenang ( cemas, gelisah );
- suka membesarkan kemungkinan2 yang kecil dalam setiap pembicaraan;
- sulit tidur.
Akibat- akibat yang ditimbulkan oleh rasa khawatir yang berlebihan dapat merusak kesehatan fisik; insomania, stress akut, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan tukak lambung adalah penyakit yang sangat erat kaitannya denngan rasa khawatir. ( Baca Ams 12:25 Kekhawatiran dapat "membungkukkan" orang ).
Dan akibat yang fatal adalah rasa khawatir melumpuhkan iman, sehingga hidup kita tidak berbuah-buah ( baca Mat 13 :1-23).

Ingatlah bahwa kekhawatiran kronis tidak akan pernah menghasilkan suatu hal yang positif ( Mat 6:27 ); oleh karena itu tinggalkan rasa khawatir dengan menyatakan segala keinginan kita kepada Allah dalam doa dan permohonan ( Flp 4:6 ) dan segera setelah itu ambillah tindakan iman dengan mempercayai Firman Tuhan yaitu dengan mengucap syukur bahwa Tuhan telah memberikan apa yang kita minta kepadaNya.

Bapa di sorga kepadaMulah kami percaya, Engkau menjagai hati kami dengan damai sejahtera; oleh karena itu kami menolak untuk merasa khawatir yang berkelebihan, dan jika masih terdapat rasa khawatir dalam hati dan pikiran kami, maka kami mau menaruhnya di bawah kayu salib Yesus Kristus; karena kami yakin bahwa kemenangan yang didapatkanNya adalah sempurna dan kami mempercayai bahwa karyaMu sempurna, sehingga kamipun yakin bahwa kehidupan kamipun telah Engkau rencanakan dengan sempurna; tidak ada satupun rancangan kecelakaan, melainkan rancangan hidup berkemenangan yang Engkau sediakan bagi kami. Demi nama Tuhan yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.