28 Januari 2009

Love the others

Im 19:18 :"Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam..., melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; akulah TUHAN."

Allah memberikan hukum-hukumNya bagi umat manusia, sebagian berisi larangan dan sebagian lagi berisi himbauan.
TUHAN jelas-jelas melarang penipuan, kebencian dan perbuatan-perbuatan yang tidak bermoral, demikian pula TUHAN menginginkan kita agar mengasihi sesama kita seperti mengasihi diri kita sendiri, menghormati orang tua, berbelas kasihan kepada mereka yang lemah dan menderita.
Allah ingin menunjukkan bahwa Ia adalah Allah yang maha adil sekaligus maha kasih; oleh karena itu harus kita sadari bahwa semua berkat yang kita terima berasal dari Allah.
Kasih Allah bukanlah kasih yang mementingkan diri sendiri, dan oleh karena itu jika kita hidup dalam Tuhan, maka kitapun pasti mempunyai kasih yang tidak egois.

Bukanlah suatu hal yanng istimewa jika kita mengasihi orang yang mengasihi kita. Namun kasih Kristus adalah kasih yang luar biasa! Kasih Kristus memungkinkan kita mengasihi orang yang membenci kita.
Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan... Tetapi jika seterumu lapar, berilah ia makan; jika ia haus, berilah ia minum!... Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan; tetapi kalahkan kejahatan denngan kebaikan!" (Rom 12:17a,20a,21).

Bapa di sorga, ampunilah diriku seperti juga aku mengampuni orang yang bersalah kepadaku. Dengan kasihMu yang luar biasa aku sanggup mengampuni setiap orang yang bersalah kepadaku; aku tidak akan membalas orang yang bersalah kepadaku sesuai perbuatannya kepadaku, namun aku akan memberikan kasihMu kepadanya. Biarlah kebenaranMu bersinar ditengah kekerasan yang ada di dunia ini. Haleluya. aku berdoa dan mengimani doa ini di dalam nama Tuhanku Yesus Kristus. Amin.