18 Januari 2009

Kemarahan

Ams 14:29 :"Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah memperbesar kebodohannya."

Marah adalah luapan emosi yang timbul pada saat seseorang dipojokkan, diremehkan, difitnah, atau mendapat perlakuan-perlakuan yang dapat menyinggung harga diri seseorang atau karena frustasi.
Luapan emosi yang timbul dapat menimbulkan kekuatan yang tidak terduga, dan seringkali rasa marah ini diekspresikan dalam bentuk perlawanan fisik, sumpah serapah, perbuatan yang destruktif, atau mendiamkan orang yang membuatnya marah.
Menurut survey dari suatu study tentang kemarahan, disimpulkan penyebab kemarahan >80% adalah oleh sikap atau perbuatan orang lain; jadi marah adalah reaksi terhadap sikap orang lain yang kurang menyenangkan.
Oleh karena itu para ahli jiwa menyatakan bahwa kemarahan adalah the chief saboteur of the mind, kemarahan adalah faktor utama yang seringkali melumpuhkan akal sehat dan bahkan dapat menimbulkan berbagai kesusahan dan gangguan jiwa lainnya.

Alkitab memperbolehkan marah asal tidak berbuat dosa ( Ef 4:26 ); kata marah dalam ayat tersebut dalam bahasa Yunaninya disebut "Orge" yaitu jenis kemarahan yanng menyala karena adanya dosa atau adanya suatu tindakan yang tidak benar/tidak adil.
Ada jenis kemarahan lain yang disebutkan dalam alkitab yaitu Parogismis yaitu sakit hati atau tersinggung dan Thumos yaitu perasaan geram, kemarahan yang meluap-luap atau bermusuhan; kedua jenis kemarahan ini dapat membawa kita melakukan perbuatan-perbuatan yang destrutif dan pertengkaran yang tiada henti-hentinya.

Marah adalah merupakan pilihan bukan keharusan ! jadi tergantung respon kita terhadap situasi yang dapat menyebabkan kemarahan. Oleh karena itu jika kita tenang dan berpikir positif pasti kita dapat mengendalikan kemarahan.
Kekuatan rohani seseorang biasanya diukur seberapa kuat ia menghadapi tekanan lingkungan. Oleh karena itu jika kita cepat marah, berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan kehidupan kerohanian kita.

Maz 37:8 : "Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan."
Ams 14:17 : "Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang bijaksana bersabar."

Bapa di sorga, kami mau mengampuni orang yang bersalah kepada kami sebab pengampunan yang Engkau berikan kepada sungguh luar biasa, kasihMu meluap-luap dari dalam hati kami; kami mampu mengatasi rasa amarah kami, kami mampu mengendalikannya oleh karena kekuatan kuasaMu yang bekerja didalam kami. Amin.