15 Januari 2009

Menjadi Penuai

Yoh 4:35 :"Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang sudah menguning dan matang
untuk dituai."

Perjumpaan ilahi kita dengan Tuhan Allah akan membawa dampak suka cita yang meluap-luap dan kerinduan yang dalam untuk membagikan pengalaman yang luar biasa ini kepada saudara-saudara kita, teman-teman kita atau bahkan orang disekeliling kita.
Saat ini semakin banyak bathin-bathin yang sedang berkelana mencari kebahagiaan dan
sukacita sejati, namun mereka hanya sampai pada taraf pemuasaan diri yang bersifat
sementara; inilah ladang-ladang yang sudah menguning dan siap dituai.
Siapkah anda menjadi seorang penuai bagi Kerajaan Allah?
Tuhan Yesus sendiri mengatakan bahwa Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit ( Mat 9:37 ).
Mari kita mengambil suatu komitmen dihadapan Tuhan : Ya aku mau menjadi penuai bagiMu
Tuhan. Lalu mulailah katakan pada diri kita sendiri : Ya aku bisa menjadi penuai bagi
Tuhan; ya aku akan menuai tuaian yang sudah Tuhan letakkan dalam hidupku.

Lihat dan pandanglah sekelilingmu ! Kata asli bahasa Yunani dari kata "pandang" dalam ayat itu adalah "belajar dengan intensitas".
Menjadi penuai berarti melakukan serangkaian tindakan pekerjaan, yang meliputi pembelajaran terhadap berita Injil, ayat-ayat Kitab Injil, cerita-cerita Injil, cara berdoa untuk menuntun seseorang untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamatnya, juga belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sulit, belajar mengenal tabiat/karakter Allah.

Mulailah memikirkan orang-orang yang telah Tuhan tempatkan dalam hidup anda!
Dan mari kita selalu mengingat bahwa penuaian tidak terjadi otomatis; penuaian adalah suatu
rangkaian tindakan yang tidak berkeputusan, yang akan kita mulai dengan mempraktekkan KASIH kepada orang-orang itu, selanjutnya biarlah Roh Kudus yang akan menunjukkan dan menuntun kita melalui jalan-jalanNya dan biarlah Dia yang membuka pintu-pintu yang tidak akan pernah dapat kita buka dengan usaha kita sendiri.

Bapa disorga Engkau pemilik ladang-ladang, ijinkanlah aku untuk memandang tuaian
disekitarku. Ijinkan aku untuk melihat tuaian yang sudah siap dituai. Roh Kudus taruhlah
beban dalam hatiku untuk tuaian-tuaian yang telah siap dituai. Aku siap dan aku bisa,
karena Engkau yang memampukan diriku. Demi nama Tuhan Yesus Kristus kunaikkan doaku. amin.