16 Januari 2009

Ketekunan

Why 14:12 :"Yang penting disini ialah ketekunan orang-orang kudus yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus."

Kata Yunani untuk kata "ketekunan" adalah hypomone, kadang-kadang diterjemahkan "kesabaran", "ketahanan" atau "sabar menanti", arti harafiah dari kata hypomone adalah tetap tinggal di bawah atau berdiri teguh meskipun ada oposisi.
Dalam kehidupan ini tidak diragukan lagi kita sering menghadapi banyak kesulitan, tekanan, masalah, terutama dalam melaksanakan kehendak Tuhan, harus kita perjuangkan dengan sepenuh hati walaupun seringkali kita harus "berada di bawah", dalam keadaan yang tidak kita inginkan.
Dalam keadaan demikian kita harus selalu mengingat Firman Tuhan dalam Ibr 10:36 :"Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan.
Jangan memfokuskan diri pada kesulitan-kesulitan kita, karena semua itu akan menjadi lebih besar daripada yang sesungguhnya. Jangan biarkan rasa kasihan diri menguasai roh kita!
Sebab jika kita dikuasainya maka akan datang rasa frustasi, kemudian depresi, lalu imaginasi yang sia-sia, kritik, dendam, kepahitan dan akhirnya ketidak-percayaan yang menyebabkan patah semangat dan undur diri.
Ketekunan adalah hal yang penting untuk tetap ada dalam kehidupan kita agar kita memperoleh apa yang dijanjikan untuk kita.
Jangan menyerah ! Layani Tuhan dengan sepenuh hati, perjuangkan terus apa yang sudah Tuhan tanamkan dalam hati kita. Suka cita besar menanti kita. amin.

Bapa di sorga aku mohon kasih karuniaMu senantiasa menyertai perjalanan hidupku, karena tanpanya aku tidak akan mampu bertahan dalam dunia yang penuh dengan kejahatan ini. Tanpa kasih setiaMu, aku tak kan mampu melaksanakan kehendakMu, melayaniMu. Roh kudus marilah tolong aku dalam berbuah-buah untuk kerajaan Allah. Dalam nama Tuhan Yesus aku mohon doa ini. Amin.