09 Juni 2009

Doa dan Janji-janji

2 Pet 1:4 :"Dengan jalan itu Ia telah meganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar,... "

Puji Tuhan atas segala kasih setia dan anugerahNya yang luar biasa kepada kita. Tuhan sudah menetapkan, memanggil, membenarkan dan dalam proses memuliakan.
Dalam menjalani proses pemuliaan diri ini kita dilengkapi oleh janji-janji Tuhan yang berharga dan besar. Janji-janji ilahi ini demikian berharga bagi kehidupan kita karena untuk maksud yang kekal bagi kita. Janji-janji ini berguna untuk memberkati masa kini dan menjangkau masa depan sampai pada kekekalan.

Yang menjadi pertanyaan mengapa penggenapan janji-janji itu sangat lambat atau bahkan tidak secara maksimal terpenuhi dalam kehidupan kita?
Disinilah arti penting bagi kita untuk memahami betapa saling ketergantungannya antara doa dan janji-janji ilahi itu.
Hubungan yang tidak dapat dipisahkan antara doa dan janji-janji; ibarat listrik tanpa ada lampu, maka listrik tidak akan memberikan penerangan, sebaliknya juga demikian lampu tanpa listrik tetap saja gelap yang ada.
Tanpa janji, doa itu tidak berlandasan; tanpa doa, janji itu tersembunyi dan tidak berpribadi; janji-janji adalah buah emas dari Allah yang harus dipetik oleh tangan doa.

Hanya dengan doa janji-janji Allah akan terwujud, semakin besar dan ajaib janji-janji itu semakin dibutuhkan doa yang berkesungguhan dan iman akan janji-janji itu.
Janji-janji itu digenapi melalui doa, janji-janji hanya terwujud jika dimohonkan melalui doa; tanpa doa, janji tetap akan merupakan janji !
Dan yanng patut dicatat disini adalah janji-janji Tuhan itu selalu bersifat pribadi dan khusus. Janji-janji itu tidak bersifat umum, tidak tentu, samar-samar; melainkan janji-janji itu sellau ditujukan untuk anda dan saya.
Nah sekarang tergantung doa kita dalam mewujudkan janji-janji Tuhan bagi kita. Jangan salah berdoa, karena kita tidak akan memperoleh apapun ( Yak 4:2-3).
Selalu landasi doa-doa kita dengan Firman Tuhan. Amin.

Bapa di sorga terpujilah namaMu diantara nama-nama yang dapat disebut. Dimuliakanlah kerajaan dan kuasaMu kekal sampai selama-lamanya. Engkaulah Yehovah Jireh TUHAN yang menyediakan, Engkau telah menyediakan segala keperluanku menurut kelimpahanMu, aku tak akan kekurangan. Dan aku mohon dalam doa ini janjiMu itu ya TUHAN semesta alam. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa dan mengucap syukur atas segala pemenuhan janjiMu kepadaku. Amin.