24 Juni 2009

Pengurapan yang Sama

1 Kor 12:12-13 :" Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh."


Yesus menghadapi peperangan dan menaklukan musuh di dalam kepenuhan Roh Kudus. Sebelum mengalahkan setan Ia diperlengkapi dan dipersiapkan dengan sempurna untuk meraih kemenangan; demikian pula Allah merencanakan suatu hidup berkemenangan untuk kita semua.
Roh yang mengurapi Yesus adalah sama dengan Roh yang mengurapi kita. Hanya ada satu Roh bukan dua atau tiga atau banyak, namun hanya satu !
Memang Roh yang satu ini mempunyai banyak pelayanan yang berbeda-beda antara lain :
- menginsyafkan dosa ( Yoh 16:1,8-11)
- melahirkan kembali ( Yoh 3:3,5)
- menguduskan ( Rom 15:16)
- memberi kuasa ( Kis 1:8)
- memimpin ( Yoh 16:13)
- menghiburkan dan mengajar ( Yoh 14:16-26)
- memberikan karunia-karunia ( 1 Kor 12:3-11 )
- memberikan buah-buah ( Gal 5:22-23)
- mengubahkan ( 2 Kor3:18)

Ketika kita dibaptis yaitu dipenuhi, dilingkupi dan diselubungi oleh Roh Kudus, maka otoritas dan kuasa yang kita terima sama dengan otoritas dan kuasa yang Yesus terima !
Pahamilah kebenaran ini; berhentilah dan jangan dengarkan kebohongan yang setan coba tanamkan dalam diri kita ( Yesus sendiri berkata : Pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada pekerjaan-pekerajaan ini akan kamu lakukan (Yoh 14:12) ).
Demikian juga hal sebaliknya yang perlu benar-benar kita mengerti adalah bahwa untuk dipenuhi oleh Roh Kudus dan dikendalikan oleh Roh Kudus tidak terjadi secara otomatis dalam hidup kita; namun harus ada suatu ketergantungan dan penyerahan diri yang berkesinambungan pada Roh Kudus !
Sampai dimana kita mau menaklukkan diri dan bergantung kepada Roh Kudus, sampai disitulah Roh Kudus mempunyai kuasa atas kehendak kita, atas pemikiran kita, atas emosi kita dan atas keberadaan kita!

Bapa disorga kami mau senantiasa belajar dan taat terhadap kehendakMu, biarlah kiranya kepenuhan Roh Kudus boleh terjadi dalam kehidupan kami dan biarlah kuasaMu nyata dalam kehidupan kami, agar namaMu semakin dipermuliakan dan banyak orang tahu dan bertobat serta menyembahMu sebagai TUHAN Allah yang hidup dan satu-satunya Allah yang memberikan kehidupan dan keselamatan bagi setiap orang yang percaya. Dalam nama Yesus Kristus kabulkanlah doa kami ini. Amin.