08 Juni 2009

Membentangkan Bulu Domba

Hak 6:39 :"Lalu berkatalah Gideon kepada Allah: "Janganlah kiranya murkaMu bangkit terhadap aku, apabila aku berkata lagi, sekali ini saja; biarkanlah aku satu kali lagi saja mengambil percobaan dengan guntingan bulu itu: sekiranya yang kering hanya guntingan itu, dan atas seluruh tanah itu ada embun."


Cara di atas disebut sebagai membentangkan bulu domba adalah manifestasi fisik yang dipakai orang Kristen untuk menemukan kehendak Tuhan bagi hidupnya.
Cara ini hanya satu kali saja dipakai atau dikabulkan oleh Tuhan dalam Perjanjian Lama, dalam Perjanjian Baru Tuhan sama sekali tidak menghendaki cara ini, oleh karena Tuhan telah memberikan cara yang lebih baik.
Namun kenyataannya masih banyak orang Kristen yang menggunakan cara ini; hal mana disebabkan karena mereka lebih banyak dipimpin oleh sifat keduniawian daripada oleh kerohanian mereka, mereka lebih selaras dengan perasaan-perasaan mereka daripada dengan roh mereka dan Roh Kudus.

Jangan mengambil keputusan di atas "guntingan bulu domba"; banyak orang telah mengambil keputusan yang salah karena "membentangkan bulu domba"; ada orang yang berkata : ya Tuhan berilah tanda apabila wanita tersebut menoleh kepada saya pada hitungan ketiga, itu berarti jodoh saya; dan hal itu berakhir pada suatu pernikahan yang tidak membuahkan kekudusan atau bahkan ada yang berdoa : ya Tuhan jika pendeta besar ini berjabat tangan dengan saya dan mengucapkan God bless you, maka itu berarti Engkau akan memakaiku untuk menjadi pendeta; dan hal itu berakhir pada suatu pelayanan yang tidak memuliakan Tuhan.

Orang-orang yang menggunakan cara membentangkan bulu domba adalah orang-orang demikian duniawi, sehingga mereka hanya percaya bahwa petunjuk yang Allah berikan harus dapat dirasakan dan dilihat. Mereka belum membangun dasar Firman di dalam roh mereka dan mereka tidak berdoa untuk mengembangkan kepekaan mereka kepada Roh Kudus.
Dalam Perjanjian Baru Roh Kebenaran yang akan memimpin kita di dalam seluruh kebenaran ( Yoh 16:17).
Ini berarti Roh Kudus akan menjadi penuntun kita dalam segala aspek kehidupan kita, Dia akan menjadi penolong kita.
Banyak orang yang tidak suka pimpinan Roh Kudus oleh karena mereka penuh dengan pemberontakan dan keduniawian. Nasehat dan pimpinan Roh Kudus membawa penghukuman atas keduniawian mereka dan mereka menolaknya.

Bapa disorga, kami mau dibangun diatas dasar FirmanMu dan hidup menurut pimpinan Roh Kudus; bukan hidup oleh perasaan dan pikiran kami semata. Ajarlah dari hari ke hari agar kami semakin peka atas suaraMu ya Tuhan. Dan pada hari ini kami membuang semua cara-cara yang tidak berkenan untuk mencari petunjukMu ya Bapa ya Abba. Marilah Roh Kudus berkaryalah dalam hidup kami, pimpinlah kami berilah petunjukMu kepada kami dalam setiap aspek kehidupan kami. Amin.