12 Juni 2009

Jawaban Doa

Mat 7:7,8 :"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan."

Doa bukanlah suatu tujuan tersendiri, bukanlah suatu tindakan untuk dijadikan sandaran; doa merupakan sarana untuk mencapai tujuan, doa selalu bertujuan untuk mendapatkan jawaban.
Doa ditahbiskan Tuhan sebagai sarana yang mengarahkan semua kebaikan baik jasmani maupun rohani kepada kita, karena dalam doa ada persekutuan yang manis antara kita dengan Tuhan Allah melalui Rohnya yang kudus. Allah memberikan segala sesuatunya kepada kita melalui jawaban atas doa.

Jawaban doa adalah satu-satunya jaminan bahwa kita telah berdoa dengan benar. Inilah kebenaran yang menerangkan mengapa jutaan doa tidak dikabulkan, sebabnya bukan pada rahasia kehendak Allah dan Allah tidak pernah berbohong atau bermain-main dengan janji-janjiNya untuk mengabulkan doa; doa yang tidak terkabul oleh karena kita salah berdoa ( Yak 4:3 ).
Janganlah kita tersesat oleh kayakinan yang palsu bahwa tindakan doa ( berdoa) adalah bukti hubungan kita dengan Allah; bukan, bukanlah demikian ! Tetapi berdoa dan memperoleh jawaban yang jelas adalah merupakan bukti hubungan kita dengan Tuhan Allah ( baca Yoh 15:7 = Jika kamu diam di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah APA SAJA yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya).

Jawaban doa itulah yang memuliakan Allah. Bukanlah tindakan dan sikap doa yang memberikan kemanjuran pada doa yang memuliakan Allah, bukan pula rentetan argumentasi dan kefasihan dalam berdoa yang membuat doa itu manjur. Tetapi jawaban doa itulah yang membawa kemuliaan bagi namaNya.
Doa yang tidak terkabul menyebabkan orang yang berdoa berada dalam keadaan gelap, bimbang dan bingung.
Tuhan Yesus sedemikian berhasratnya untuk mempermuliakan BapaNya disorga, sehingga sedemikian berhasratnya Dia untuk menjawab doa yang selalu dan dimana-mana mendatangkan kemuliaan bagi Bapa, sehingga tiada doa yang dipersembahkan dalam namaNya akan diabaikan atau ditolak olehNya ( Yoh 14:13).
Inilah suatu kepastian bagi iman kita !

Bapa di sorga terima kasih Engkau mencelikkan mata kami terhadap hakekat suatu doa, ampunilah dosa kami yang seringkali menjadi tindakan berdoa sebagai suatu kegiatan yang rutin bahkan kami kurang peduli terhadap jawaban atas doa yang kami panjatkan. Sesuai firmanMu bahwa setiap orang yang meminta akan mendapatkan, yang mencari akan menemukan dan yang mengetok akan dibukakan; maka saat ini pula kami telah menerima suatu kepastian dalam iman kami bahwa setiap doa yang kami panjatkan untuk mendatangkan kemulaiaan bagi namaMu pasti Engkau jawab dan kabulkan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucapkan puji syukur. Amin.