22 Juni 2009

Menghardik Musuh

Mark 16:17-18 :" Tanda tanda ini akan menyertai orang-orang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Yesus tidak mati untuk menghasilkan sekelompok orang yang plin-plan, yang tidak berpendirian dan tidak setia; tetapi kematianNya di atas kayu salib adalah untuk membayar harga bagi sekelompok yang disebut Tubuh Kristus; dimana kita menjadi anggotanya. Yang Dia wariskan kepada kita bukan kelemahan, tapi kuasa; bukan kegelapan, tapi kemuliaan; bukan kekalahan, tapi kemenangan !
Dia memberikan kepada kita otoritas ( exosia ) dan kuasa ( dunamis ) ( baca Luk 10:19 ).
Melalui pengurapan Roh Kudus, Dia memberikan kita kuasa untuk menghardik, memerintah, mengambil otoritas dan mengalahkan setan dalam setiap situasi yang kita alami !

Menghardik ( bahasa Yunani= epitimao= mencela, memarahi, melarang, memerintahkan ). Kata ini mempunyai makna lebih dari sekedar memberikan teguran saja.
Menghardik berarti memberi perintah untuk berhenti melakukan sesuatu !
Ada 3 hal yang Yesus lakukan, Ia menghardik roh-roh jahat ( lihat Luk 4:36), Ia menghardik kekuatan alam ( Luk 8:24-25) dan Ia menghardik sakit penyakit ( Luk 4:39).
Tuhan Yesus telah memberikan seluruh kuasa yang diperlukan untuk menghardik, memerintahkan setan dan roh-roh jahat yang menindas kita untuk pergi di dalam nama Yesus !

Sekarang mulailah meminta kepada Tuhan agar mewahyukan, melalui kuasa Roh Kudus, roh-roh apa yang menyebabkan situasi dan masalah-masalah yang mengikat kehidupan kita sekarang. Kemudian kenalilah musuh kita itu dan segera ambil tindakan menyerang seperti yang Yesus lakukan.
Ambil tindakan berdasarkan iman atas fakta bahwa Yesus sudah menang dan memberikan kemenangan itu kepada kita, sehingga kita tahu posisi kita yang penuh kuasa bersama Yesus; mintalah kepenuhan Roh Kudus setiap saat menyertai kita dan gunakan exousia ( otoritas ) dan dunamis ( kuasa ) untuk menghardik musuh kita di dalam nama Yesus!

Bapa disorga, terima kasih atas kemenangan yang sudah Engkau berikan kepada Yesus Tuhan dan Juru Selamat kami. Saat ini kami merenungkan firmanMu yang membekali kami dengan otoritas dan kuasa; kami siap untuk menggunakannya di dalam nama Yesus. Puji Tuhan atas kemenangan yang telah Engkau sediakan bagi kami ! Haleluyah! Amin.