13 Juli 2009

Pengendalian Diri

Gal 5:22,23 :"Tetapi buah Roh ialah: kasih,......, pengendalian diri."

Alkitab mengajarkan kepada kita untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Tuhan, tetapi Alkitab tidak pernah mengatakan bahwa kita harus meninggalkan pengertian dan pengendalian diri kita.
Jadi waspadalah terhadap pandangan atau pengajaran yang mengatakan bahwa kita harus sepenuhnya menyerahkan pengendalian kepada Roh Kudus agar dapat mengalami kuasa Tuhan. Pandangan atau ajaran ini hanya separuh benar.
Ini banyak dianut oleh orang orang Kristen yang sungguh-sungguh dan yang sadar bahwa tidak ada perkara besar yang terjadi melalui hidupnya tanpa Allah.
Mereka berpikir bahwa "aku orang yang terbatas dan berdosa, jadi aku harus menyerahkan seluruh akal budi dan tubuhku ke dalam pimpinan Roh Kudus..." Kedengarannya baik, namun kesalahan dapat menyelinap masuk ke dalam pikiran dan perilaku kita dengan tidak kita sadari.

Kemampuan untuk mengerti telah diberikan kepada kita untuk menentukan pesan dan tindakan yang mana yang berasal dari Tuhan dan yang mana yang bukan. Ini kita lakukan melalui pengendalian diri baik secara fisik maupun mental.
Kita telah dilengkapi dengan suatu kepribadian, pikiran dan kehendak agar Dia dapat memakai semuanya itu memuliakan untuk pekerjaanNya.
Agar Tuhan bekerja melalui kita, maka kita harus mengendalikan tubuh dan pikiran kita. Kita harus menguasai setiap pikiran yang kita ijinkan untuk diikirkan oleh otak kita.
Mari kita kendalikan pikiran kita dengan kekuatan yang sudah Tuhan sediakan bagi kita.
Jadi teruslah berpikir, teruslah mengerti. Teruslah membuat keputusan sebijak mungkin dalam ketergantungan dalam doa kepada Tuhan, dan Dia akan memakai kita melalui pikiran-pikiran dan tindakan-tindakan kita yang kita kendalikan sendiri.

Bapa disorga, kami mau senantiasa berbuah-buah Roh dalam kehidupan kami agar pengenalan kami akan Engkau semakin hari semakin meningkat dan bertumbuh sesuai dengan kualitas seorang mempelai bagi Kristus. Kami sadar betapa pentingnya pengendalian diri, karena tanpa pengendalian diri, sulit kuasaMu bekerja melalui diri kami. Dalam nama Yesus Kristus kami mohon ya Roh Kudus melalui kekuatan kuasaMu kami boleh mendasarkan pikiran dan tindakan kami kepada Firman Tuhan saja. Amin.