14 Juli 2009

Tuhan Yang Menentukan

Yer 32 :5 :"...Zedekia akan diangkut ke Babel...Sekalipun ia memerangi orang Babel, ia tidak akan berhasil. Aku, Tuhan telah berbicara." ( Terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari)

Ayat di atas adalah nubuatan nabi Yeremia terhadap raja Zedekia, bahwa ia akan mengalami kekalahan. Apa reaksi raja Zadekia begitu selesai mendengar nubuatan itu? Ia marah dan menjebloskan nabi Yeremia ke dalam penjara.
Raja Zedekia mengalami kekalahan karena kehidupan pribadinya tidak berkenan di hadapan Tuhan dan tidak membimbing rakyatnya di jalan Tuhan. Hal mana diuraikan dalam Yer 32:33,24 : "Mereka membelakangi Aku...sekalipun Aku mengajar mereka,...tiada mereka mau mendengarkan... Mereka menempatkan dewa-dewa mereka yang menjijikan di rumah yang diatasnya namaKu diserukan..."

Dalam menghadapi serangan dari pihak musuh, raja Zedekia malah mengandalkan bantuan tentara Firaun, bukannya berseru kepada Tuhan. Dia lupa bahwa Tuhanlah yang menentukan siapa yang akan menang!
Betapa besarnya kekuatan militer sebuah negara, berapa banyak pasukan dan senjata yang hebat, negara itu tidak akan menang dalam peperangan tanpa seijin Tuhan. Dengan mudah Tuhan semesta alam meruntuhkan pemerintahan manapun juga, semudah Ia menemplak seseorang yang terus menerus menentang Dia.

Marilah kita berdoa untuk bangsa, negara dan pimpinan-pimpinan pemerintahan dalam negara kita, agar Tuhan menaruh belas kasihanNya, agar Tuhan menjauhkan murkaNya terhadap bangsa kita. Inilah saatnya kita berdoa untuk bangsa kita !

Bapa di sorga, curahkanlah belas kasihMu atas bangsa dan negara kami, jauhkanlah murkaMu dari bangsa dan negara kami. Ampuni kesalahan-kesalahan kami semua, ampuni ketidak taatan, ampuni kebodohan, kepicikan, kesombongan/ keangkuhan kami; kami mau berada di jalanMu yang penuh dengan berkat dan keselamatan. Dalam nama Yesus Kristus kami naikkan doa ini dan memohon kabulkanlah doa kami ini. Amin.