29 Juli 2009

Teladan Iman

Mark 5:28 :"Asal kujamah saja jubahNya, aku akan sembuh."

Kisah seorang wanita yang mengalami pendarahan 12 tahun lamanya yang diberitakan dalam Injil Markus pasal 5 mulai ayat 25-34 adalah kisah tentang suatu teladan iman yang luar biasa. Kata-kata dan tindakannya sungguh merupakan sarana bagi Tuhan untuk menyatakan kasihNya.
Sebelum wanita ini tidak ada seorangpun yang berani menjamah jumbai jubah YESUS. Mungkin dalam pikiran mereka berkata “Jubah Yesus tidak ada kuasanya; harus di jamah melalui tanganNya baru ada kuasanya atau mungkin harus melalui mulut Yesus baru ada mujizatnya, dll.”
Betapa banyak dari kita yang memiliki sikap seperti orang kebanyakan ini.
Kita seringkali minta Tuhan untuk menjamah dan menyembuhkan hidup kita bukan dengan caraNya, tapi dengan cara kita; sehingga seringkali kita mendikte Tuhan bahwa Tuhan harus berkata begini, berkata begitu, baru saya percaya.

Bayangkan diri anda berada di posisi wanita itu, anda sudah tidak punya apa-apa bahkan mungkin hanya baju yang melekat di tubuh, berjalan tertatih-tatih lemas karena kehabisan darah dan mungkin dijauhi orang-orang karena bau amis dari tubuhnya.
Apa yang akan anda lakukan bila berada dalam posisi ini ?
Apakah akan tetap menguatkan hati dan berlari kepada Tuhan minta pertolongan atau malah kecewa dan meninggalkanNya.
Mari kita teladani iman wanita ini, dia menguatkan hati dan datang pada Tuhan.
Dia tidak lagi mengandalkan kekuatan dan caranya sendiri untuk sembuh ( Ingat seluruh hartanya sudah dia habiskan untuk upaya kesembuhannya melalui dokter-dokter spesialis bahkan untuk pengobatan alternatif ), tapi benar-benar pasrah dan percaya bahwa Yesus mampu menyembuhkan dengan caraNya.

Saat seseorang mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan, bukan hanya fisiknya yang di sembuhkan tapi juga memperoleh keselamatan kekal dan citra diri kitapun dipulihkan.
Selama 12 tahun wanita ini mengalami diskriminasi masyarakat, dikucilkan dan dianggap kelas pinggiran. Namun saat dia bertemu Yesus seketika semua dipulihkan dan menjadi kesaksian hidup bagi banyak orang percaya.
Siapapun anda, apapun masalah anda, datanglah pada Yesus. Ambillah sikap hati seperti wanita ini. Pasrah, percaya dan menguatkan hati untuk datang kepada Yesus. Maka Yesus yang adalah sumber kehidupan akan memulihkan kehidupan anda.

Bapa disorga, terima kasih untuk FirmanMu yang membawa pertumbuhan bagi iman kami; apapun permasalahan yang kami hadapi dalam hidup kami adalah bukan lagi suatu masalah ketika kami datang kepadaMu dan bertemu denganMu secara pribadi. Engkau pasti melepaskan kami, memberikan kepada kami kemenangan, kesembuhan, keselamatan dan pemulihan.
Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.