03 Juli 2009

Sophronismos

2 Tim 1:7 :"Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban."

Kata Yunani untuk "tertib" adalah Sophronismos yang berarti suatu panggilan untuk ketertiban pikiran atau penguasaan diri. Secara harafiah itu berarti disiplin.
Paulus dalam ayat ini mendorong Timotius supaya tidak ketakutan, atau menjadi pengecut dalam memberitakan Injil; Paulus menasehati Timotius untuk mendisiplinkan pikirannya dengan mengambil otoritas atas ketakutan dan mengarahkan pikirannya untuk memenuhi panggilan Allah dalam hidupnya.
Tuhan merencanakan kita untuk mempunyai pikiran yang tertib, pikiran yang didisiplinkan dengan baik; pikiran yang sepenuhnya bebas, bersih, sehat, diperbaharui dan berkemenangan.
Untuk mempunyai pikiran yang didisiplinkan dengan baik dan berkemenangan kita harus :
  • Mengambil tindakan agresif melawan serangan setan terhadap pikiran kita; mengenali, melawan dan membuang segala pemikiran yang coba ditanamkannya dalam hati dan pikiran kita.
  • Senantiasa mengendalikan setiap pemikiran kita.
  • Senantiasa diperbaharui dalam pikiran kita dengan menanggalkan tabiat manusia lama dengan pemikiran yang besifat kedagingan dan membawa pemikiran, keinginan dan sikap kita kedalam kendali Roh Kudus.
  • Memenuhi hati dan pikiran kita dengan Firman Tuhan dan pengenalan akan Kristus.

Bapa di sorga kami mau mengencangkan "ikat pinggang" kami, karena di "pinggang" kami terletak seluruh kekuatan tubuh kami; dalam peperangan ini kami menguatkan manusia bathiniah kami yaitu hati dan pikiran yang merupakan pusat keberadaan kami yaitu dengan mendisplinkannya; mari Roh Kudus kuatkan dan teguhkan kami. Dalam nama Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.