26 Mei 2009

Hidup di dalam Roh

2 Kor 3:18 :"Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak terselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambarNya, dalam kemuliaan yang semakin besar."

Firman Tuhan di atas adalah satu ayat rahasia yang terbesar dalam kehidupan kekristenan kita. Bahwa kita dipanggil untuk dimuliakan, dan kemuliaan itu kita peroleh dengan suatu proses perubahan yang terus menerus menuju kemuliaan yang semakin besar. Dan semua itu hanya dapat kita nikmati jika kita hidup di dalam Roh.
Sejak semula manusia diciptakan dengan maksud untuk bersekutu dengan Tuhan Allah sang pencipta. Pada waktu sebelum Adam & Hawa jatuh dalam dosa, waktu itu ada keharmonisan antara sorga dan bumi. Allah berkenan turun dan bercakap-cakap dengan ciptaanNya, terjadilah persekutuan yang erat antara ciptaan dan sang Pencipta; disinilah ciptaan dimuliakan !

Ada harga yang harus dibayar agar kita hidup di dalam Roh. Harga ini siang dan malam harus kita lakukan, yaitu ketaatan kepada Allah. Hanya dengan ketaatan maka kita akan terus menerus dibawa ke tingkat-tingkat dan kedalaman yang baru di dalam Roh.
Banyak orang yang tidak dapat memelihara kehidupan di dlaam Roh, oleh karena mereka tidak takut dan tidak hormat kepada Allah. Mereka memandang Dia hanya sebagai Santa Claus di langit. Mereka membaca Firman, namun ketika Firman menyatakan bahwa mereka harus berubah, mereka tidak mentaatinya, mereka hanya menginginkan berkat-berkatNya, keajaiban-keajaibanNya, tanpa berkomitmen untuk terus menerus bertumbuh didalamNya dan hidup didalamNya.

Untuk dapat hidup dalam Roh marilah kita membangun roh yang kuat disamping menerima pengurapan dari Roh Kudus. Membangun roh yang kuat dapat kita lakukan dengan 2 pokok yang sangat sederhana yaitu terimalah Firman ( Maz 119:11) dan kembangkanlah kehidupan doa yang konsisten ( Yud 1:20).

Bapa disorga, kami mau hidup di dalam Roh yaitu hidup bersekutu denganMu; oleh karena itu Bapa kami akan terus menerus menaruh FirmanMu dalam hati kami, kami akan tinggal di dalam FirmanMu, mentaatinya dan terus menerus mengembanngkan kehidupan doa kami, yaitu doa yang tidak berkeputusan, doa dalam Roh Kudus dan dengan bahasa Roh agar kami dibangun semakin bertumbuh di dalam pengenalan akan Engkau. Amin.