20 Mei 2009

Kehidupan Kristen yang Normal

Yoh 7:37-39 :"...Yesus berdiri dan berseru :"Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum! Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci :Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Yang dimaksudkanNya ialah Roh Kudus yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepadaNya...."

Sungguh luar biasa tawaran Yesus Kristus kepada setiap orang, setiap manusia yang membutuhkan kehidupan yang dipenuhi dengan kelimpahan, kebenaran, dan damai sejahtera. Barangsiapa yang haus akan kebenaran Ia mempersilahkan untuk datang kepadaNya; setelah orang itu dipuaskan oleh air kehidupan, maka ketika orang itu menjadi percaya kepadaNya, Bapa di sorga akan memenuhi hatinya dengan aliran-aliran air hidup; pada tahap ini seseorang akan menjadi sumber bagi orang lain yang haus.

Kehidupan Kristen yang normal adalah hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus. Roh Kudus bekerja dalam diri kita , menghasilkan buah-buah Roh : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.
Roh Kudus menyadarkan kita atas dosa-dosa kita. Roh Kudus menolong kita mengerti Firman Tuhan. Roh Kudus menghibur dan menenangkan hati kita pada waktu susah dan gelisah.
Semua itu akan terwujud jika kita mau bekerja sama dengan Roh Kudus, mengijinkan Dia untuk bekerja memimpin kita. Harus ada usaha dipihak kita untuk menjadi lebih peka terhadap suaraNya dan taat pada petunjuk dan pimpinanNya.

Bila hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus, kita akan menjadi berkat bagi orang-orang disekitar kita. Jadi jikalau hidup kekristenan kita belum/tidak menjadi berkat bagi orang lain, berarti hidup kita tidak normal; hal itu patut kita waspadai dan bertanya mengoreksi diri : mengapa ?

Bapa di sorga, sesuai FirmanMu ketika kami percaya kepada Yesus Kristus, maka dari dalam hati kami akan mengalir aliran-aliran air hidup, sehingga kehidupan kami mendatangkan berkat bagi orang-orang disekitar kami. Biarlah setiap orang yang menikmatinya boleh melihat kebesaran dan kemuliaanMu; bahwa Engkau adalah Allah yang baik dan hanya Engkaulah Allah yang layak terima segala hormat, pujian dan kuasa. Amin.