09 Mei 2009

Pamer Berkat

Yes 39:2 :"Hizkia bersukacita atas kedatangan mereka, lalu diperlihatkannya kepada mereka gedung harta bendanya, emas dan perak,... Tidak ada barang yang tidak diperlihatkan Hizkia kepada mereka di istananya dan diseluruh daerah kekuasaannya."

Jika kita membaca kisah raja Hizkia dalam kitab Yesaya mulai pasal 36, maka kita melihat betapa kasih setia Tuhan kepadanya; bahkan raja Hizkia sering dipakai sebagai contoh tentang kesungguhan dan keampuhan doa yang dapat menggerakkan hati Tuhan ( Yes 38 :10-20).
Dalam kisah raja Hizkia kita juga menyaksikan bahwa Tuhan memberkati Hizkia dengan berlimpah-limpah. Namun apa yang dilakukan oleh Hizkia dalam hidupnya terhadap segala berkat yang diperolehnya adalah hal yang tidak patut kita teladani.

Dari Firman di atas kita baca betapa Hizkia sangat membanggakan segala harta dan kebesaran kerajaannya yang merupakan berkat-berkat yang dia peroleh dari Tuhan. Bukannya dia bersaksi atas kesembuhan yang sudah Tuhan berikan, tetapi dia malah memamerkan harta kekayaan dan kebesarannya yang seolah-olah semua itu merupakan hasil dari kebesarannya, kepintarannya dan kekuasaannya.
Sayang sekali berkat yang Tuhan berikan kepadanya tidak membuatnya semakin rendah hati, tetapi sebaliknya malah membuatnya tinggi hati/sombong dan merasa lebih baik daripada orang lain ( lebih pintar, lebih hebat, lebih berkuasa..dll), bahkan membuatnya menjadi egois ( Yes 39:8).

Sesungguhnya semua berkat yang kita terima dari Tuhan adalah pemberian semata-mata. Oleh karena itu semakin kita diberkati, seharusnya kita menjadi semakin rendah hati. Dan tugas utama kita adalah bersaksi tentang kebaikan dan kasih setia Tuhan terhadap kita.

Bapa di sorga ya Yehovah Jireh, Engkau TUHAN yang menyediakan segala berkat dalam hidup kami; sesungguhnya tanpa berkatMu sia-sialah usaha kami, tanpa berkatMu tidak kekallah hasil dari apa yang kami lakukan. Bapa kami mau bersaksi atas kebaikanMu, atas kasih setiaMu dalam hidup kami; kami mau membesarkan namaMu dalam kehidupan kami. Demi nama Tuhan Yesus Kristus kami terima segala berkat kelimpahan daripadaMu, dan kami bersyukur atasnya. Amin.