24 Mei 2009

Jalan menuju Hidup

Amos 5:4,5 :"..."Carilah Aku, maka kamu akan hidup! Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal... sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap."

Semakin banyak orang pada masa ini menguduskan suatu tempat, mereka berbondong-bondong mencari Tuhan di tempat-tempat yang dikeramatkan, disucikan itu; bahkan rela mati di tempat tersebut. Begitu percayanya mereka bahwa di tempat-tempat itu Tuhan hadir disana, dan ada keselamatan ditempat-tempat itu.
Tuhan mengingatkan jangan mencari Betel, yaitu tempat yang dianggap pintu gerbang sorga oleh Yakub. Di Betel ini Yakub dalam mimpinya bertemu dengan TUHAN dan ditempat itu Yakub mendapatkan janji-janji TUHAN terhadap masa depannya. Sehingga di tempat itu didirikan mezbah bagi TUHAN. Betel adalah tempat yang menjanjikan masa depan yang penuh dengan kelimpahan dan berkat-berkat dari TUHAN semesta alam.
Tuhan tidak berkenan kita mencari ( hanya mencari) masa depan yang penuh kelimpahan dan berkat-berkatNya saja !
Demikian pula jangan pergi ke Gilgal; apa yang dimaksud dengan pergi ke Gilgal ?
Gilgal adalah tempat dimana Yosua mendirikan 12 batu peringatan bahwa TUHAN melakukan mujizat yang dahsyat yaitu mengeringkan sebagian sungai Yordan sehingga bangsa Israel dapat menyeberanginya.
Tuhan tidak berkenan kita mencari ( hanya mencari) mujizat-mujizatNya yang akan melepaskan kita dari penderitaan atau kesusahan dalam hidup kita saja !

Tuhan berkenan agar kita mencariNya secara pribadi ! Tuhan sangat menghendaki kita mencari dan menyembahnya dalam roh dan kebenaran; bukan mencariNya semata-mata mengharapkan berkat-berkat dan mujizat-mujizatNya ! Carilah Tuhan, maka kita akan hidup !
Ingatlah hukum yang pertama dan yang utama : Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Bapa di sorga puji syukur kedalam hadiratMu yang maha kudus. Kami datang dengan hati hancur oleh karena penyesalan, oleh karena kebodohan kami, ampunilah kami karena kami sering mencariMu hanya untuk mengharapkan berkat-berkatMu dan mujizat-mujizatMu saja; ampunilah kami ya Tuhan yang hidup. Kami mau mencariMu karena kami membutuhkan kehidupan. Kami mencariMu oleh karena kami rindu untuk bersekutu denganMu sebagai Tuhan Allah kami, sebagai Sahabat kami, sebagai calon Mempelai kami. Amin.