13 Mei 2009

Nasib Bangsa yang Congkak

Yer 49:16c :"Sekalipun engkau membuat sarangmu tinggi seperti burung rajawali, Aku akan menurunkan engkau dari sana, demikianlah firman TUHAN."

Kaum Edom adalah bangsa keturunan dari Esau ( Kej 25:30). Negeri mereka dipandang sebagai benteng yang tidak tertembusi, karena satu-satunya jalan masuk dan keluar menuju kota mereka harus melalui ngarai yang sempit dibentengi oleh batu-batu pahatan. Mereka memiliki kekuatan militer yang luar biasa dahsyat; begitu sombongnya mereka sehingga mereka menganggap diri mereka tak terkalahkan.
Hal ini diibaratkan burung rajawali yang membuat sarangnya ditempat yang tinggi, sehingga aman dari gangguan atau serang dari binatang lain.

Namun apa yang Tuhan katakan? Aku akan menurunkan engkau... Negeri Edom akan menjadi negeri yang tandus dan setiap orang yang melewatinya akan merasa ngeri.
Begitulah akhir kehidupan sebuah bangsa yang tidak mengenal Tuhan, yang merasa dirinya sebagai Tuhan. Sungguh, kesombongan adalah awal kejatuhan, baik perorangan maupun sebuah bangsa.
Disinilah bukti bahwa Allah memerintah sebagai Raja atas bangsa-bangsa. Betapa kuatnya sebuah bangsa, sebuah kerajaan, sebuah pemerintahan, tanpa seizin Tuhan tentunya meeka tidak akan ada !
Sebab TUHAN, Yang Mahatinggi adalah dahsyat, Raja yang besar atas seluruh bumi ( Maz 47:3).

Inilah saatnya bagi anak-anak Tuhan untuk berdoa bagi negeri Indonesia yang tercinta ini, berdoa bagi pemerintahan yang sedang berkuasa maupun bagi pemerintahan yang akan ada; karena seberapa kuat koalisi antar partai politik, jika Tuhan tidak mengijinkan maka tidak akan pernah ada suatu pemerintahan yang memerintah.

Bapa disorga, Engkau adalah Yehovah Melech Olam, TUHAN adalah Raja yang kekal; Raja yang besar atas seluruh bumi, Engkau pulalah yang berkuasa atas bangsa kami Indonesia, tanpa seijinMu takkan ada suatu pemerintahan yang berkuasa memerintah. Kami bersatu hati memohon di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kasihanilah bangsa kami, jauhkanlah kami dari kesombongan, keangkuhan yang menganggap kami mampu tetap teguh tanpaMu; dan berikanlah anugerahMu atas bangsa kami, ijinkan suatu pemerintahan yang berkuasa dengan hikmatMu dan yang membawa kedamaian dan kesejahteraan. Amin.