29 Mei 2009

Mendisiplinkan Tubuh

Rom 12:1 :"Karena itu saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasehati kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati."

Tubuh kita merupakan "rumah" bagi roh kita sementara kita berada di bumi. Tubuh kita merupakan bejana di mana Roh Kudus berbicara dan berkarya. Oleh karena itulah rasul Paulus sampai menuliskan ayat Firman Tuhan di atas, mengingat betapa pentingnya fungsi tubuh kita bagi kemuliaan Tuhan; betapa pentingnya tubuh kita berkaitan dengan ibdaha kita.

Tubuh kita hanya mempunyai keinginan-keinginan dan kehendak, namun tidak mempunyai kemampuan untuk berpikir atau emosi. Tubuh hanya mencari kesenangan-kesenangannya sendiri; tubuh kita mempunyai keinginan yang kuat terhadap 3 hal utama : seks, makan dan kesenangan; hal-hal itu selalu diinginkan oleh tubuh dalam jumlah/dosis yang besar.
Disinilah letak permasalahannya rangsangan-rangsangan itu jika tidak dikendalikan akan menjadikan kita sama seperti hewan.

Rasul Paulus dalam 1 Kor 9:27 : "Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak."
Tubuh fisik kita adalah merupakan tanggung jawab kita sendiri sepenuhnya; dan kita wajib untuk melatih dan menguasainya -bukan hanya sebagian saja, sedangkan bagian yang lainnya kita bebaskan untuk memenuhi segala keinginannya, namun menguasainya SELURUHNYA !
Jangan biarkan setan mengambil keuntungan menguasai tubuh fisik kita melalui pemuasan-pemuasan nafsu secara fisik.
Disiplinkan keinginan-keinginan tubuh fisik kita dengan melatihnya dan menguasainya, kemudian persembahkan kepada Tuhan, karena itu hal yang berkenan di hadapan Allah.

Bapa di sorga, kami mau melatih dan menguasai tubuh kami seluruhnya dan mempersembahkannya kepadaMu sebagai bukti ibadah kami kepadaMu. Kami tidak akan membiarkan indera-indera kami mendikte hidup kami, melainkan kami akan selalu hidup berjalan sesuai dengan FirmanMu, hidup dengan iman kepadaMu. Roh Kudus teguhkanlah kami dalam komitmen kami ini. Amin.