10 Mei 2009

Syarat Melayani Tuhan

Yer 1:6,7 :"...'Ah Tuhan ALLAH'...aku tidak pandai berbicara, ...'Tetapi TUHAN berfirman kepadaku :'...apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.' "

Tuhan telah menetapkan Yeremia sebagai nabi bagi bangsa-bangsa ( Yer 1:5c), namun Yeremia menyanggahnya, dengan alasan dia tidak pandai berbicara; hal serupa terjadi pada Musa.
Yeremia membantah oleh karena memiliki pengertian yang keliru dalam menanggapi panggilan Tuhan; ia menyangka bahwa ia harus melakukan pekerjaan Tuhan dengan bergantung pada kesanggupan dan kekuatannya sendiri.

Tuhan Allah tidak pernah salah pilih ! Justru orang yang dipilihNya adalah orang yang merasa tidak mampu. Orang seperti inilah yang akan dipilih Tuhan untuk melayaniNya, untuk melakukan pekerjaanNya; oleh karena orang semacam ini akan bergantung pada Tuhan dan Tuhan akan membuatnya sanggup.
Sebaliknya orang yang merasa sanggup mengerjakan pekerjaan Tuhan, tidak akan dipakai olehNya. Mengapa? Karena mereka akan mengandalkan dirinya sendiri, kekuatannya dan kemampuannya sendiri.
Yang Tuhan kehendaki adalah orang yang rendah hati dan mempunyai kerinduan dalam hatinya untuk melayaniNya.
Oleh karena itu jangan kuatir akan ketidakmampuan kita, Dialah yang akan bekerja di dalam dan melalui kita.

Bapa disorga, Engkau yang akan menyanggupkan kami untuk melakukan pekerjaan yang Kau perintahkan. Yang kami tahu Engkau adalah Adonai Elohim, kami adalah hambaMu, berbicaralah kepada kami, maka kami akan melaksanakannya; soal hasilnya kami serahkan kepada kuasaMu. Amin.