29 Januari 2011

Be anxious for nothing !

Philippians 4:8 " Finnaly, brethren, whatever things are true , whatever things are noble, whatever things are just, whatever things are pure, whatever things are lovely, whatever things are of good report, if there is any virtue and if there is anything praiseworthy-meditate on these things "

Nasehat jangan kuatir/cemas ternyata pelaksanaannya tidak semudah mengatakannya. Pertanyaan yang timbul : Mengapa hal itu (kekuatiran/kecemasan) yang malah membuntuti kehidupan kita dalam langkah-langkah mempertahankan kehidupan kita pada masa gonjang ganjing seperti saat ini?
Firman Tuhan jelas mengatakan jangan kuatir tentang apapun ( be anxious for nothing), namun kenyataannya kita sering jatuh dalam kekuatiran atas masa depan, atas hal-hal yang akan datang, atas hal-hal yang tidak kita inginkan.

Nah disinilah letak kesalahan kita bahwa kita selalu mengisi hati dan pikiran kita dengan hal-hal yang tidak kita inginkan!! Hati dan pikiran kita selalu diisi dengan hal-hal yang negatif ( ketidak benaran, ketidak adilan, ketidak muliaan, ketidak sucian, ketidak bajikan, kepahitan, kekecewaan).
Firman Tuhan hari ini sungguh telah memberikan kunci bagi pemeliharaan hati dan pikiran kita yaitu senantiasa "merenungkan/meditasi" hal-hal yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, kebajikan dan patut dipuji.
Jika kita laksanakan Firman ini, maka damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiran kita.
Jika damai sejahtera Allah memelihara hati dan pikiran kita, maka kekuatiran tidak mempunyai tempat lagi didalam hati dan pikiran kita.
That's the true logic!

Abba ya Bapa aku berjanji akan senantiasa memikirkan hal-hal yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, kebajikan dan yang patut dipuji.
Aku percaya dengan mengerjakan apa yang menjadi bagianku, maka Engkau pasti mengerjakan apa yang telah Engkau janjikan kepadaku. In majorem gloriam dei. Amin.