21 Januari 2011

Keinginan Daging

Rom 8:6-8 :"Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan roh adalah hidup dan damai sejahtera. Sebab keinginan daging adalah perseteruan kepada Allah karena ia tidak takluk kepada hukum Allah. Hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging tidak mungkin berkenan kepada Allah."

Kata "keinginan" dalam bahasa Yunaninya adalah Phronema, yang menunjuk kepada apa yang ada didalam pikiran, pemikiran atau obyek pemikiran; sedang kan kata "daging" dalam bahasa Yunaninya adalah Sarkikos, yang berarti sensual; dikendalikan oleh hawa nafsu binatang; dikuasai oleh tabiat jasmani dan bukan oleh Roh Tuhan.

Orang Kristen yang "mempunyai keinginan daging" adalah seorang yang mengijinkan pikirannya dipenuhi dengan pemikiran dan keinginan kedagingan yang berasal dari tabiat lamanya; ia hidup sesuai dengan keinginan pikiran kedagingannya. Mereka mengarahkan pikirannya untuk memenuhi keinginan kedagingannya yaitu untuk mendapatkan hal-hal dari dunia ini.

Rom 8:8 dalam terjemahan Amplified : "Jadi dengan demikian mereka yang hidup dalam kehidupan kedagingan-memberi makan kepada hawa nafsu dan dorongan dari tabiat daging mereka - tidak dapat menyenangkan atau memuaskan Allah, atau berkenan kepadaNya."
Jadi jelas mereka tidak dapat dipersatukan dengan Allah; karena pikiran kedagingan adalah permusuhan dengan Allah, pikiran itu memberontak terhadap otoritasNya, melawan rencana dan tujuan Allah.

Bapa di sorga kami mohon di dalam nama Yesus Kristus agar pikiran kami dikendalikan oleh Roh Kudus; karena hanya dengan di bawah pengendalianNya kami dapat hidup berkemenangan. kami tahu dan yakin bahwa Engkau telah memberikan kemenangan kepada kami, kami memahami bahwa Engkau telah memberikan kuasa kepada kami dan oleh karena itu kami mau melatih otoritas yang telah ENgkau berikan kepada kami untuk mendisiplinkan, menertibkan dan mengendalikan pikiran, keinginan dan perasaan kedagingan kami di bawah kuasa dan kehendakMu. Amin.