04 Februari 2011

Iman vs Teori

Rom 10:8 :"Tetapi apakah katanya? Ini : " Firman itu dekat kepadamu, yakni didalam mulutmu dan didalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan."

Pernah suatu saat di dalam milis Notaris_Indonesia seorang rekan Notaris mengutarakan suatu teori yang diberinya nama Teori Anggapan, dan hal itu masih menjadi bahan diskusi dalam milis tersebut.
Tentu saja hal yang harus dipahami menurut saya adalah definisi Teori itu sendiri, apa sih teori itu?
Teori adalah suatu anggapan yang diciptakan di atas ketidak tahuan tentang pokok persoalan yang sedang dibahas. Jadi teori didasarkan pada ketidak percayaan oleh karena ketidak tahuan atas suatu permasalahan.
Tidak heran jika saat ini banyak umat Tuhan yang merasa "tidak punya iman", oleh karena dijejali oleh teori-teori psikologi ketidak percayaan.
Sebaliknya firman Allah adalah Firman Iman. Iman itu didasarkan atas "fakta-fakta" yaitu fakta-fakta dalam Firman Tuhan.

Tidak peduli dalam keadaan apapun, tidak peduli apapun yang terjadi, Firman Allah mempunyai jawaban tentang pokok-pokok persoalan dalam hidup kita; oleh karena itu selidikilah apa yang dikatakan Firman Allah, maka iman akan datang dan iman itu akan mengubah segalanya.

Kisah nyata yang dialami anakku Cynthia Charista beberapa bulan lalu yang mengalami sobek otot di lututnya akibat main basket, setelah difoto RMI memang nampak dengan jelas bahwa otot di dalam tempurung lututnya dinyatakan sobek sehingga lukanya masuk kategori 3 dengan kata lain harus operasi penggantian otot tsb dengan otot lain dipahanya. Dengan iman bahwa bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, kita selalu mengatakan bahwa otot yang sobek dipulihkan bagi kemuliaan nama Tuhan. Dan benar pengakuan iman tersebut menjadi kenyataan. otot yang sobek dipulihkan ! Puji Tuhan ya dan amin FirmanNya!

Tuhan Yesus firmanMu ya dan amin, menjawab dan menyelesaikan semua persoalan dalam hidup ini; aku mau menyelidiki dan menaruh firmanMu dalam hati dan mulutku dan bukan berteori. Fakta-fakta dari FirmanMu berkuasa mengubahkan segala sesuatu untuk kemuliaanMu. Amin.