22 Februari 2011

Jangan Lengah = Waspada

Ibr 4:1 :" Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang diantara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentianNya masih berlaku."

Strategi utama yang digunakan oleh setan untuk melawan kita adalah mencoba menangkap kita ketika kita lengah dan tidak siap.
Marilah kita selidiki keadaan kita agar kita tetap dapat selalu dalam keadaan waspada !

Ada beberapa keadaan yang membuat kita lengah dan menjadi sasaran empuk bagi setan; yanng pertama apabila segala sesuatu terlihat berjalan lancar, anak-anak kita sehat, tagihan-tagihan jalan dengan lancar, karir kita aman-aman saja, usaha kita lancar, ada cukup uang dalam tabungan kita, dan keadaan itu membuat kita melupakan waktu untuk berdoa dan merenungkan Frman Tuhan; disitulah roh kepuasaan akan berkuasa atas diri kita, dan inilah saatnya bagi setan untuk menangkap setiap orang yang "puas" tersebut.

Yang kedua, ketika kita mengalami terobosan rohani, kita akan merasa seolah-olah terangkat begitu tinggi sehingga roh kita tidak menyadari apa yang terjadi disekitar kita. Pada titik ini seringkalai rasa kesombongan rohani menguasai kita dan membuat kita yakin kepada diri kita sendiri, yakin bahwa kita tidak akan jatuh dalam dosa, yakin kita tidak akan terperangkap dalam perangkap setan. Pada saat seperti ini waspadalah !

Yang ketiga, setan menangkap orang Kristen ketika mereka lengah karena terlalu banyak terlibat kegiatan dalam kesibukan. Dan hal ini sering terjadi pada orang-orang yang sibuk dalam pekerjaan Tuhan ( Ini pernah saya alami secara pribadi dan hanya oleh kemurahan Tuhan saja saya boleh menulis renungan ini !)
Waspadalah jika kegiatan dan kesibukan anda menyita waktu anda untuk bersekutu secara pribadi dengan TUHAN; karena itulah saat yang tepat bagi setan untuk menerkam anda dan jangan terkejut karena itu akan dilakukan oleh setan secara tiba-tiba !

Bapa disorga, kami sadari saat-saat ini adalah saat-saat yang genting, saat-saat dimana musuh kami benar-benar berusaha untuk menghancurkan iman kami kepadaMu, mereka berusaha agar kami menjadi murtad, hingga kami tidak dapat menerima janjiMu untuk masuk dalam perhentianMu. Roh Kudus kami mau mengobarkan apiMu agar kami senantiasa waspada dan siap sedia. Dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juru Selamat kami, kami mohon kuasa Roh Kudus agar selalu memenuhi kami. Amin.