13 Februari 2011

Percaya = Patuh

Ul 1:21 :"Ketahuilah, TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan negeri itu kepadamu. Majulah, dudukilah, seperti yang difirmankan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu. Janganlah takut dan janganlah patah hati."

Firman TUHAN ya dan amin adanya, kita sebagai umatNya sudah selayaknya tidak meragukan kemampuan TUHAN dalam melaksanakan janji-janjiNya untuk kita. Namun kenyataannya sering kali kita bimbang apakah janji-janji itu untuk kita? Apakah ini saatnya janji-janji itu digenapi dalam hidup kita?
Demikian juga orang Israel pada waktu itu, mereka dipenuhi dengan kebimbangan sehingga mereka lebih mengutamakan akal sehat, strategi akal budi mereka daripada percaya alias patuh kepada firman Tuhan; seperti terlihat dalam Ul 1:22 : "Marilah kita menyuruh beberapa orang untuk mendahului kita untuk menyelidiki negeri itu bagi kita...". Mereka lebih percaya terhadap apa yang mereka lihat, apa yang mereka pikirkan, apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka simpulkan,...." Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat daripada kita." ( Bil 13:31)

Tuhan memberikan janjiNya untuk kita, rancangan damai sejahtera dan keberuntungan akan selalu mengikuti kita; namun Dia juga mengingatkan kepada kita 2 hal yang patut kita lakukan agar janji-janjiNya terwujud dalam kehidupan kita yaitu JANGAN TAKUT dan BERKECIL HATI ( Dalam terjemahan bahasa Inggris dikatakan : do not fear and be discouraged ).
Apakah keadaan dan situasi sekeliling dimana kita dapat memberikan tanggapan melalui panca indera kita, telah membuat kita takut atau kecil hati??
Inilah saatnya untuk patuh kepada Firman Tuhan, lakukanlah sesuai Firman Tuhan yang telah dituliskan dalam Alkitab kita; tanpa harus berbantah-bantahan dengan Tuhan!

Bapa di sorga aku mau percaya dan patuh kepada FirmanMu yang telah menjanjikan damai sejahtera bagiku, yang menjanjikan pemeliharaan dalam kelimpahan surgawi bagiku. Roh Kudus hanya dengan kekuatan dan keteguhan yang Engkau anugerahkan kepadaku membuat aku tidak takut dan berkecil hati; aku mau bergantung padaMu ya TUHAN.
Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. amin.