20 Februari 2011

Win by God

Hak 7:2 :"Berfirmanlah TUHAN kepada Gideon:'Terlalu banyak rakyat yang bersama-sama dengan engkau itu daripada yang Kukehendaki untuk menyerahkan orang Midian ke dalam tangan mereka, jangan-jangan orang Israel memegah-megahkan diri terhadap Aku, sambil berkata : Tanganku sendirilah yang menyelamatkan aku.' "

Gideon seorang pengecut yang disebut oleh Malaikat TUHAN sebagai seorang pahlawan yang gagah berani (Hak 6:12) bersama-sama dengan 32.000 orangnya siap bertempur melawan 135.000 orang kaum Midian.
Namun Tuhan tidak berkenan terhadap jumlah itu, oleh karena Tuhan tidak ingin kemuliaan namaNya dicuri oleh orang-orang Israel.
Bayangkan hanya dengan 300 orang, Israel dapat mengalahkan 135.000 orang Midian; hanya campur tangan TUHAN Allah saja yang sanggup menciptakan kemenangan tersebut.

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita bahwa jika Tuhan akan menolong, melepaskan kita dari permasalahan yang menghimpit kita, maka yang Dia awasi/ cari dalam diri kita pertama-tama adalah keadaan hati kita apakah ada kerendahan hati dalam diri kita!
Jadi jika ada diantara kita yang pada saat ini berada dalam keadaan yang tertekan, terhimpit, terhempas, atau kondisi anda yang amat buruk, tertindas oleh keadaan yang membuat anda serasa "hidup enggan matipun segan"; inilah saatnya kita memeriksa hati kita, apakah ada kerendahan hati di dalam hati kita?

Sungguh Tuhan Allah yang kita sembah adalah Tuhan Allah yang senang untuk dipuji, dimuliakan, dielu-elukan, di nomor satukan.
Inilah alasan utama mengapa Dia menciptakan anda dan saya, yaitu Dia membutuhkan penyembahan dan pujian yang tulus dari umat ciptaanNya.
Janganlah membangga-banggakan kemampuan, kecerdasan, kecerdikan, daya upaya kita sendiri dalam menghadapi setiap masalah dalam hidup ini, melainkan pujilah Tuhan dalam setiap kemenangan yang kita peroleh; sebab hanya Dialah yang berhak atas setiap pujian, hormat dan syukur.

Bapa disurga, terima kasih atas FirmanMu hari ini, dimana kami dapat belajar mengenai karakterMu, mengenai cara agar Engkau turun tangan melepaskan kami dari cengkeraman situasi dan kondisi yang menyesakkan kami dan memberikan kemenangan kepada kami dengan caraMu yang ajaib. Selidikilah senantiasa hati kami, apabila Engkau menemukan kerendahan hati, segeralah turun tangan menyelamatkan kami, segeralah membebaskan kami dan berikanlah kepada kami kemenangan daripadaMu. Segala hormat, pujian dan syukur kami haturkan bagiMu, sebab hanya Engkaulah yang layak menerimanya dari kami. Amin.