25 Februari 2011

El Elyon

Kej 14:18,19 :"Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi. Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi, dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ketanganmu...."

El Elyon adalah nama Allah yang berarti Allah Yang Mahatinggi; berasal dari kata El ( akar kata dari Elohim = Pencipta yang perkasa ), dan Elyon adalah kata superlatif yang berarti tertinggi; sehingga Elyon diartikan Tuhan adalah Allah segala allah.
El Elyon adalah nama bagi Allah yang seringali dihubungkan dengan penciptaanNya, yang menyatakan bawa Dia berkuasa ( kekuasaanNya adalah yang paling tinggi) dan juga yang memiliki langit dan bumi.
Setan mengakui nama Allah ini sebagai suatu hal yang inginkan, ia sangat ingin untuk menyamai Yang Mahatinggi ( Yes 14:14 ), ia ingin menjadi penguasa dari segala sesuatu yang ada; hal ini telah ia buktikan dengan menawarkan kerajaan-kerajaan dunia kepada Yesus Kristus, ia ingin agar Yesus memilikinya dan jika tawaran itu diterima, maka Yesuspun mengakui bahwa setan adalah penguasa ( baca Mat 4).
Puji Tuhan, Yesus telah memberikan teladan kepada kita bahwa hanya Allah Yang Mahatinggilah ( El Elyon) yang layak diakui sebagai yang empunya langit dan bumi dan yang paling berkuasa.
Oleh karena ketaatanNya itulah kepadaNya diberikan nama di atas segala nama; El Elyon telah memberikan karunia kepada Yesus dan jemaatNya ( tubuhNya) dalam Filp 2:10-11 :" ...supaya dalam nama Yesus bertekut lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku:"Yesus Kristus adalah Tuhan, bagi kemuliaan Allah, Bapa."

Bapa disorga terima kasih ya El Elyon, Engkau telah memberikan nama di atas segala nama, nama yang maha dahsyat sehingga segala yang ada dilangit dan di bumi bertekuk lutut. Engkau memberikan kewenangan kepada kami untuk menggunakan nama yang maha mulia supaya semua lidah mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan bagi kemuliaanMu.
Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami memuliakanMu ya El Elyon, kami bersyukur memujiMu wahai Sang Pencipta yang perkasa, Allah diatas segala allah.
Didalam nama Tuhan Yesus Kristus kami memberkatiMu ya El Elyon, dengan korban ucapan syukur, sebab Engkau Allah kami yang hidup dan berkuasa dahulu, sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.