24 Februari 2011

Mengenal Dia

Filp 3:10 :" Yang kukehendaki ialah mengenal Dia...."

Surat Filipi ditulis 28 tahun setelah pertobatan rasul Paulus dan di dalam surat ini rasul Paulus menekankan betapa pentingnya kita mengenal Tuhan Allah yang kita sembah.
Salah satu cara pengenalan kita terhadap Tuhan Allah adalah melalui mengetahui dan merenungkan nama-nama Allah, sehingga kita dapat lebih mengerti sifat dan hakikatNya dan lebih mengerti tentang cara Dia berkarya dalam hidup kita.

Dalam alkitab paling tidak ada 3 nama utama dari Allah yaitu :
  1. Elohim ( Allah ) artinya Pencipta yang Perkasa ( Kej 1:1)
    Nama ini menyatakan Dia sebagai Pribadi yang Mahatinggi, Pencipta semula, Pribadi yang sempurna dan sebagai yang kekal. Nama ini menyatakan keperkasaan dan kemahakuasaanNya.
  2. Yehovah ( TUHAN) artinya Pribadi yang ada dengan sendirinya, yang meyatakan diriNya sendiri ( Kej 2:4)
    Yehovah berasal dari akar kata hayah (menjadi) yang menunjukkan bahwa Allah adalah Priabdi yang terus menerus menyatakan diriNya sendiri. Jadi AKU ADALAH AKU ( Kel 3:14) berarti Allah menyatakan bahwa Ia sendiri adalah Pribadi yang ada dengan sendirinya, keberadaanNya tidak tergantung kepada siapapun.
  3. Adonai ( Tuhan) artinya Tuan dari seorang hamba ( Kej 15:2)
    Sebutan bagi Allah ini secara tidak langsung menyatakan suatu hubungan timbal balik diantara dua pihak : Sang Tuan dapat mengharapkan kepatuhan penuh dari si hamba, dan si hamba dapat menngharapkan Tuannya untuk memberikan perintah-perintahnya dan juga untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Dan dari 3 nama utama Allah seringkali disatukan/digabungkan untuk menyatakan pengertian yang lebih mendalam mengenai pribadi Allah, sebagai berikut :
  1. Yehovah Elohim (TUHAN Allah) ( kej 2:4 )
    Digunakan secara khusus untuk menunjukkan : (a) hubungan Allah dengan manusia dalam Penciptaan, (b) otoritas atau wewenang moral Allah atas manusia, (c) DiriNya yang mengatur hubungan-hubungan manusia di bumi, dan (d) DiriNya yang menyelamatkan manusia.
  2. Adonai Yehovah ( Tuhan ALLAH) ( Kej 15:2)
    Menekankan karakteristik Adonai atau Ketuhanan dari Allah daripada sifat-sifatNya sebagai Yehovah; ungkapan Tuhan ALLAH menyatakan bahwa Ia adalah Tuhan atas umatNya.
  3. Adonai Elohim ( Tuhan Allah ) (Dan 9:3)
    Menyatakan Allah sebagai Tuhan dan Pencipta; Daniel menyatakan bahwa ia mengarahkan mukanya kepada Tuhan Allah, ia menegaskan bahwa Tuan/Tuhannya (Adonai) adalah Allah (Elohim) di atas semua ilah-ilah palsu lainnya yang hendak menyatakan diri sebagai Allah.
Bapa disorga terima kasih Engkau mau menyatakan diriMu kepada kami umatMu, ya Adonai. Engkaulah Yehovah TUHAN ku yang menyatakan diri kepada kami melalui cara-caraMu sendiri yang jauh dari akal budi kami. Engkaulah Allah yang layak terima segala hormat pujian dan kuasa ya Elohim. Amin.