18 Februari 2011

Otoritas untuk jadi Pemenang !

Luk 10:19 :"Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu."

Ada 2 kata kuasa dalam Firman Tuhan tersebut, padahal dalam bahasa Yunani kata kuasa yang pertama disebutkan sebagai "Exousia" yang berarti wewenang (otoritas).
Sehingga pengertiannya sebagai berikut : Sesungguhnya Aku telah memberikan wewenang kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh...
Apa bedanya antara wewenang dan kuasa?
Perbedaan ini dapat kita jelaskan dengan mengambil contoh perbuatan yang dilakukan oleh seorang polisi dalam mengatur lalu lintas di jalan.
Dia bukannya mempunyai suatu kekuatan untuk menahan lajunya kendaraan-kendaraan yang lalu lalang, namun dia mempunyai suatu "kekuatan yang lebih besar"; oleh karena dalam diri polisi itu telah dilimpahkan wewenang dari pihak pemerintah untuk melakukan tugasnya itu.
Jadi wewenang adalah kuasa yang dilimpahkan!

Tuhan Yesus telah melimpahkan wewenang yang diperolehNya melalui kuasaNya yang sanggup mengalahkan maut itu kepada jemaatNya ( Mat 28:18,19).
Wewenang ( kuasa yang dilimpahkan) dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang berada di atas segala nama telah diberikan kepada kita ( umatNya ); oleh karena itu kita sudah mempunyai kuasa untuk mengalahkan musuh.
Apakah tanda-tandanya bahwa wewenang itu ada di dalam diri kita?
Mark 16:17,18 : "Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka. Mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."
Bapa disorga terima kasih atas segala kewenangan yang telah Engkau berikan kepada kami melalui nama di atas segala nama yaitu nama Tuhan Yesus Kristus. Di dalam namaNya ada segala kuasa di sorga dan di bumi; dan kuasa itu telah Engkau limpahkan kepada kami jemaatMu. Kami sadari bahwa dalam setiap kewenangan mengandung pula suatu tugas, Bapa kami akan menyiapkan hati dan diri kami untuk senantiasa siap menjalankan tugas yang Engkau berikan kepada kami seiring dengan kewenangan yang Engkau limpahkan kepada kami. Demi nama Tuhan Yesus Kristus jadilah kehendakMu.Amin.